Membangun Sistem Gudang Yang Baik

image

Manajemen gudang sangat penting demi kesinambungan usaha Anda. Peran gudang sangat besar, sebab gudang berkaitan langsung dengan penjualan. Ketika persediaan gudang tidak sesuai dengan penjualan maka bisa berakibat kerugian akibat persediaan yang tersisa di gudang terlalu banyak.

Selain itu, hal kepuasan konsumen juga akan dipengaruhi oleh sistem manajemen gudang yang baik. Tanpa manajemen gudang yang baik penjualan sebesar apapun tidak akan bisa dicapai jika stok gudang “kosong”? Konsumen akan kecewa jika sebuah produk yang mereka cari ternyata kosong. Penerapan sistem manajemen gudang yang baik tidak hanya “membahas” jumlah persediaan /stok barang atau budgeting barang. Penerapan manajemen gudang yang baik akan memastikan produk yang tersimpan di gudang akan sampai ke tangan konsumen dalam keadaan prima.

Bagaimana cara membangun manajemen gudang yang baik berfokus pada sistem penyimpanan barang? Berikut ulasannya :

1. Kenali Karakter Persediaan

Setelah menentukan jumlah persediaan dan budgeting selanjutnya adalah menentukan cara penyimpanannya. Perhatikan suhu, kelembapan, dan expired date jika barang memiliki masa kadaluwarsa. Pastikan setiap persediaan atau stok barang harus terdata tanggal kadaluarsanya.

2. Tentukan Lokasi Penyimpanan Barang

Setelah mengetahui karakter persediaan, selanjutnya adalah mengatur posisi penyimpanan barang. Contohnya paling mudah adalah mengatur supaya produk yang pertama masuk terletak pada posisi yang paling mudah untuk diambil (sistem FIFO tadi). Atau produk yang paling laku letaknya yang paling mudah dijangkau. Atau produk yang nilainya tinggi disimpan di tempat khusus untuk menghindari pencurian.

3. Atur sistem otorisasi

Hal ini berguna untuk mengatur pengawasan pergerakan barang. Jika lalu lintas barang tidak berada dalam sebuah sistem pengawasan yang baik, bisa jadi akan sangat rentan akan pencurian. Tentukan siapa saja yang berwenang dalam gudang dan otorisasi haknya di gudang.

4. Gunakan Software ERP

Pencatatan gudang tidak sulit. Software ERP Retail akan banyak membantu dalam sistem pengelolaan gudang. Yang terpenting adalah disiplin dalam mencatat keluar masuknya barang, sesuai peruntukannya serta terdata dengan baik dan rapi.

Membangun sistem manajemen gudang yang baik sebenarnya sangat mudah, apalagi ditunjang dengan hadirnya Software ERP Retail yang akan membantu dalam pengelolaan barang.

turboly.com