Strategi Online Untuk Meningkatkan Penjualan Offline

image

Hari ini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu untuk membandingkan harga dan membaca ulasan secara online. Akibatnya, toko fisik tampaknya sepi, dan banyak retailer melihat eCommerce sebagai ancaman terhadap penjualan di toko mereka. Namun, sebenarnya keberadaan online store dapat menjadi strategi yang kuat untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan di toko fisik.

1. Strategi web-to-store

Strategi web-to-store adalah teknik yang digunakan untuk menarik pembeli online ke toko fisik dan mengonversinya menjadi pelanggan. Meskipun banyak orang lebih menyukasi berbelanja online, namun ingat tidak semua kebutuhan bisa didapatkan online store. Masih banyak konsumen menikmati perasaan ketika mencoba produk di dalam toko dan sering membutuhkan saran atau informasi tentang produk, yang mereka tidak selalu bisa online. Selain itu, banyak konsumen tidak suka menunggu beberapa hari untuk mendapatkan barang mereka. Mereka ingin pembelian mereka secepat mungkin dengan biaya pengiriman minimal. Faktanya, masih banyak orang menyampaikan hal yang sama, mereka lebih suka membeli barang langsung di toko namun mereka mencari informasi produk, ulasan dari online website, membuktikan bahwa masih ada permintaan yang kuat untuk toko fisik.

2. Kembangkan website dan lengkapi content

Konsumen secara teratur atau sesekali membaca ulasan secara online, jadi langkah pertama adalah melakukan riset online. Anda mungkin sudah tahu bahwa: 1) Anda harus memiliki kehadiran online; 2) situs web Anda harus menarik; 3) harus menyajikan informasi yang dicari pengunjung Anda; 4) harus responsif (mobile-friendly) dan; 5) di atas semua, itu harus peringkat tinggi di search engine.

Dengan semua upaya yang Anda lakukan untuk mendorong pembeli ke toko online Anda saat mereka mencari produk dan layanan, Anda ingin mereka tetap terlibat dan memastikan mereka berinteraksi dengan situs web Anda.

3. Tingkatkan interaksi dengan pelanggan

Menciptakan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan dapat membantu meningkatkan image usaha anda lebih menonjol kompetitor dan membangun loyalitas pelanggan. Tawarkan pelanggan online dengan opsi untuk membuat janji dengan dengan staff di toko. Seperti contohnya, berikan benefit/ hadiah bagi customer yang mengambil barang di toko meskipun melakukan pembelian secara online. Integrasikan Sistem POS Ritel anda dengan website online sales dan Ini tidak hanya akan membantu untuk meningkatkan layanan yang ditawarkan, itu juga akan memberi pelanggan kesempatan untuk datang dan bertemu dengan staff toko secara pribadi. Dengan bertemu pelanggan, staf toko dapat mengajukan banyak pertanyaan kepada mereka karena mereka dapat benar-benar memahami kebutuhan konsumen, berbagi keahlian mereka dan menunjukkan fitur yang relevan dari produk yang ditawarkan dan dapat meningkatkan penjualan. Ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan di pelanggan.

turboly.com