Tips Melakukan Stock Opname

image

Be organized

Jagalah toko anda selalu bersih dan rapi. Ini memudahkan untuk mencari dan menghitung persediaan barang dagangan. Lakukan langkah-langkah berikut sebelum melakukan proses stock Opname:

  • Petakan toko Anda dan catat lokasi rak, rak, perlengkapan, dll.
  • Beri label pada kotak dan rak, terutama jika item di dalam kotak tidak terlihat
  • Pastikan semua barang ada di tempat / departemennya.

Manfaatkan teknologi yang tepat

Stock Opname membuka ruang adanya “human error”. Minimalkan kesalahan dengan memanfaatkan dengan teknologi yang tepat.

  • Barcode - Hindari menggunakan pulpen dan kertas saat menghitung dan melakukan stock opname. Untuk hasil terbaik, gunakan aplikasi seluler seperti scanner yang memindai setiap barcode produk dan kemudian mencatat data ke dalam file .CSV atau .xls yang bisa diimport ke Sistem POS atau Sistem Inventory.
  • Sistem POS Retail - Menerapkan sistem point of sale (POS) yang melacak penjualan dan terintegrasi dengan persediaan dapat mengurangi kesalahan user dan meminimalisir kehilangan barang. Dengan sistem POS berbasis cloud yang terhubung langsung dengan catatan stok persediaan, setiap penjualan secara otomatis dikurangkan dari stok persediaan toko ketika kasir memindai label barcode produk.Sistem POS Ritel yang komprehensif memiliki fungsi untuk barcode scanner dan memiliki sistem untuk melacak pergerakan barang. Dengan menggunakan sistem POS Ritel ini, fungsi-fungsi yang berbeda akan selalu terhubung secara real-time, diawali ketika barang diterima dari supplier, disimpan digudang sampai dijual di toko.

Lakukan secara teratur

Lakukan stock opname sebagai proses reguler. Lakukan sesuai siklus dan harus dipastikan proses tersebut dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini bertujuan, jika terjadi suatu ketidaksesuaian / perbedaan yang signifikan dapat segera diketahui dan diatasi. Semakin cepat menemukan akar permasalahan akan berakibat lebih baik bagi perkembangan usaha ritel anda.

Selalu bandingkan hasil dengan stock opname sebelumnya

Setelah menyelesaikan stock opname dalam jangka waktu tertentu, ada baiknya untuk memeriksa laporan tersebut sehingga dapat menemukan pola yang terjadi selama ini. Hal ini sangat membantu untuk mencari tahu mengapa kerugian atau ketidaksesuaian terjadi, sehingga Anda dapat mengambil tindakan pencegahan untuk masa depan.

Membandingkan laporan sebelumnya dengan laporan saat ini juga akan membantu Anda melihat apakah praktek pengelolaan persediaan berjalan dengan baik?. Apakah perbedaan menurun seiring waktu atau tidak? Apapun masalahnya, satu-satunya yang perlu diketahui adalah membandingkan data.

turboly.com