5 Cara Bagaimana Teknologi Modern Telah Mengubah Industri Ritel

image

Pada Era digital saat ini konsumen memiliki berbagai pilihan cara belanja secara online, namun disadari atau tidak ternyata masih banyak konsumen datang ke pusat perbelanjaan setiap hari. Hal ini membuktikan bahwa konsumen masih membutuhkan aspek pengalaman ritel seperti bertatap muka atau mencoba barang yang hendak dibelinya. Oleh karena itu, retailer harus mengubah pendekatan ritel mereka untuk menjaga “traffic” konsumen yang datang ke toko agar seimbang dengan konsumen online.

Berikut beberapa cara teknologi modern mengubah pengalaman ritel:

Memberdayakan Konsumen

Manfaatkan internet dengan baik, konsumen kini memiliki akses ke lebih banyak informasi daripada sebelumnya. Konsumen sekarang lebih dulu mencari tahu apa yang mereka inginkan, kapan mereka membutuhkan, di mana mendapatkannya untuk harga terbaik serta yang paling mempengaruhi adalah bagaimana review/ulasan barangnya. Teknologi secara tidak langsung memberdayakan konsumen untuk mengambil keputusan pembelian mereka Retailer harus berusaha berinovasi membuat pengalaman ritel semulus mungkin bagi konsumen yang diberdayakan oleh teknologi.

Digitalisasi Loyality Program

Konsep customer loyality telah ada sejak dulu dan idenya sebenarnya cukup sederhana: berikan penghargaan kepada mereka yang sering berbelanja di toko Anda dan mereka akan tetap setia. Berkat teknologi yang modern saat ini, sudah tidak perlu lagi berinvestasi dalam pembuatan kartu pelanggan. Dengan teknologi baru saat ini semua sudah dapat diakses dari website atau aplikasi. Dengan penerapan Program loyalitas digital seperti ini dapat membantu retailer untuk menemukan tren, melacak perilaku pembelian pelanggan, dan meningkatkan keterlibatan pelanggan sambil meningkatkan pengalaman loyalitas. Bisnis harus mengikuti perkembangan peran teknologi dalam ritel, dan program loyalitas digital hanyalah salah satu cara untuk tetap mengikuti perkembangan saat ini.

Buat Penawaran Sesuai Lokasi

Pernahkan anda tiba-tiba mendapatkan SMS promo dari suatu toko/ outlet ketika anda berada di tempat tertentu. SMS tersebut adalah cara baru untuk promosi berdasarkan lokasi potensial konsumen. Dengan memanfaatkan teknologi SMS / MMS Location Based Advertising (LBA) dapat dilakukan untuk menggaet potensial konsumen yang kebetulan berada di lokasi di dekat toko.

Multi Payment Method

Perkembangan teknologi pada sistem Point of Sale (POS) berbasis cloud membuat proses transaksi secara tradisional pelan-pelan bergeser dan mengalami transformasi. Saat ini penjualan dapat dilakukan melalui smart-phone, tablet serta struk transaksi pun dapat dikirimkan secara digital melalui email tanpa perlu lagi dicetak. Selain itu para staff di toko pun memiliki akses langsung dan mudah ke stok persediaan dan produk, sehingga menghemat waktu baik bagi konsumen dan staff di toko.

turboly.com