Manfaat Media Sosial Bagi Retailer

image

Social media memiliki peranan penting dalam industry retail saat ini. Mengapa demikian? Karena menurut survey SUMO Heavy’s Social Commerce Survey 2016, 1 dari 4 konsumen menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi mengenai produk yang akan mereka beli. Berdasarkan data tersebut artinya retailer harus memiliki pemahaman media sosial yang lebih baik untuk menarik perhatian konsumen yang lebih besar dan mendorong penjualan.

Perilaku konsumen saat ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk ber-media social dan diikuti peningkatan penjualan melalui media social. Salah satu tren platform media sosial seperti Instagram atau Facebook secara alami menawarkan pengalaman e-commerce yang lebih menarik. Hal ini membuktikan bahwa penampakan visual masih sangat mempengaruhi minat konsumen.

Ada beberapa hal manfaat media sosial selain sebagai sarana promosi bagi retailer:

  • Perilaku Konsumen, Melalui media social kita bisa mengetahui perilaku konsumen kita, apa hobinya, apa kebutuhannya dan berbagai informasi berharga lainnya.

  • Edukasi Produk, Anda bisa mengedukasi para customer dan meyakinkan bahwa produk Anda adalah sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Tanya Jawab, Seperti customer service, kolom komentar dalam media social juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk menjawab pertanyaan yang akan membantu customer seluruh informasi mengenai produk.

  • Inovasi Produk, Melalui social media, kita bisa mengetahui produk seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Review dari konsumen (saran dan kritik) pada media sosial bisa menjadi dasar bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan produk terbaru.

Terakhir, pengguna media sosial bisa menjadi seorang quality control, pengkiritik, dan pendukung yang baik bagi bisnis Anda. Oleh karena itu manfaatkan media social dengan baik, dan ingat media social bukan hanya alat promosi, namun dapat memiliki manfaat yang lebih besar. Ingat Software ERP Retail itu penting, namun media social juga anda perlukan.

turboly.com