Manfaat Garansi Produk

image

Garansi adalah jaminan yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Hal ini meyakinkan pembeli bahwa barang yang dibeli berkualitas baik. Garansi merupakan hak pelanggan untuk meminta perusahaan membantu menyelesaikan kendala apapun namun harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pada layanan garansi biasanya perusahaan memberikan beberapa kompensasi, seperti: jasa perbaikan, penggantian klaim, dan tak jarang ada juga yang hingga memberikan jaminan pengembalian uang dalam keadaan tertentu.

Dengan adanya garansi bukan hanya pelanggan yang akan mendapatkan keuntungan, bagi perusahaan juga mendapatkan nila-nilai yang cukup penting jika memberikan garansi pada produk-produknya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa garansi dianggap penting :

1. Memberikan Ketenangan Bagi Pelanggan

Bagi pelanggan, layanan garansi memiliki peran yang penting yaitu ketenangan. Karena dengan adanya garansi, pelanggan mengetahui bahwa produk yang mereka beli ada jaminan jika terjadi kerusakan. Garansi merupakan poin yang paling krusial dalam mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli suatu produk. Selain itu, garansi berperan untuk memperkuat loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.

2. Alat Kontrol Kualitas Produk

Ketika perusahaan membuat kebijakan layanan garansi kepada pelanggan, maka secara tidak langsung perusahaan akan berusaha untuk menyediakan kualitas barang yang baik agar mampu mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan. Evaluasi terhadap supplier dan bagian produksi jika barang merupakan produksi sendiri perlu dilakukan jika ternyata klaim garansi dari pelanggan meningkat. Dengan evaluasi secara rutin akan mampu mengurangi potensi kerugian pada perusahaan dan membuahkan hasil produk yang baik, sehingga produk tersebut akan lebih mampu membantu perusahaan untuk mencapai tujuan dan profitnya.

3. Evaluasi Proses Operasional

Jika perusahaan sudah berusaha untuk memberikan produk terbaik namun ternyata masih ditemukan keluhan pelanggan, maka pihak perusahaan perlu mengembangkan pelatihan bagi lini staffnya untuk menangani permasalahan pelanggan agar dapat memenuhi harapan dari pelanggan.

4. Menetapkan Standar yang Jelas

Garansi akan memotivasi perusahaan untuk menetapkan standar atas kualitas produk dan jasa yang diberikan. Ketika perusahaan memperhatikan pelayanan garansi yang diberikan pada pelanggan, tentunya akan membutuhkan Software ERP Retail terbaik untuk menunjang layanan tersebut. Dengan memanfaatkan Software ERP Retail, maka proses control akan dimulai ketika barang tersebut masuk ke gudang hingga sampai ke tangan pelanggan.

turboly.com