5 Strategi Inventory Management

image

Gudang memainkan peran penting dalam keberhasilan sebuah perusahaan perdagangan. Namun, ketika mulai timbul masalah Manajemen Persediaan secara tidak langsung akan menurunkan efisiensi keseluruhan gudang. Misalnya, jumlah yang tidak akurat, identifikasi produk yang buruk. Semuanya hal tersebut turut berperan atas meningkatnya kesalahan di Gudang. Berikut adalah 5 metode untuk meningkatkan Manajemen Persediaan :

Kategori Produk

Gudang dapat menyimpan ribuan hingga puluhan ribu produk. Oleh karena itu, diperlukan penetuan kategori produk yang ringkas dan user friendly. Beberapa gaya dalam penentuan kategori produk salah satunya adalah dengan metode ABC. Dimana, persediaan dikategorikan menurut nilainya. Misalnya, item ‘A’ adalah item bernilai tertinggi dan perlu dikontrol secara hati-hati, sementara item ‘C’ memiliki nilai minimal dan hanya memerlukan catatan sederhana.

Sistem ERP

Dalam mengelola gudang tidak lengkap tanpa Sistem ERP yang ramah pengguna. Sistem ERP yang paling dasar akan memiliki sistem multi lokasi, hak akses user yang fleksibel disesuaikan pengguna dan integrasi terintegrasi dengan bagian lain yang terkait, misalnya Sales dan Accounting. Penggunaan Sistem ERP akan meningkatkan akurasi persediaan dan biasanya menawarkan opsi penjadwalan persediaan yang sangat baik. Selain itu, Sistem ERP adalah yang secara otomatis memantau dan mengelola persediaan.

Gunakan Teknologi Cloud

Dengan menggunakan teknologi Cloud, dapat memungkinkan akses mudah ke data dan informasi persediaan secara real-time, akurat. Ini dapat meningkatkan layanan pelanggan dan kecepatan rantai pasokan secara keseluruhan. Selain itu, jika anda memiliki banyak cabang, staff di cabang dapat dengan cepat melakukan stock order / permintaan pengisian ulang ketika persediaan di toko mereka sudah ada pada posisi minimum. Dengan teknologi cloud pula, Gudang akan dapat terhubung ke sistem POS retail, sehingga laporan pergerakan barang pun akan mudah diketahui.

Tingkatkan Sistem Pengiriman

Manajemen persediaan yang tepat tergantung pada kemampuan sistem ERP dan karyawan untuk memproses dan menangani persediaan dan pengiriman. Gunakan sistem SERP yang telah memiliki fungsi pengiriman untuk mengatasi jumlah proses pengiriman anda. Dengan memanfaatkan sistem ERP yang memiliki sistem pengiriman adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan manajemen persediaan dan efisiensi gudang secara keseluruhan.

Review Supplier

Persediaan tertentu akan terlambat secara atau tidak akurat. Sering kali, staf gudang terlalu sibuk sehingga kehilangan control atas hal ini. Pertimbangkan untuk menggunakan Sistem ERP untuk mengaudit kinerja supplier secara periodik. Ini akan membantu mengidentifikasi supplier yang tidak dapat diandalkan dan memberikan peluang untuk perbaikan. Pertimbangkan memberi insentif kepada supplier yang memiliki kinerja bagus dengan menjual lebih banyak produk mereka, bayar tepat waktu sambil mengurangi jumlah supplier berkinerja buruk.

Kesimpulannya, ada berbagai strategi terbukti yang dapat meningkatkan kinerja manajemen persediaan. Peng-katetegorian produk, integrasi teknologi cloud dan sistem ERP adalah solusi teknologi yang sangat baik. Selain itu, memantau kinerja supplier dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

turboly.com