Cara Unik Promosi Yang Dapat Dicoba

image

Setiap retailer pasti melakukan promosi. Mulai dari pemberian diskon, promo buy-one-get-one, dan sebagainya. Hal ini sudah menjadi sangat lumrah, namun jika tidak tepat dalam penerapannya tidak akan mencapai tujuan yang sebenarnya diiinginkan.

Berikut adalah beberapa pemikiran kreatif out-of-the-box yang dapat membantu retailer menemukan gagasan unik dalam menyusun promosi penjualan :

1. Kolaborasi

Bermitra dengan merek dan / atau bisnis lokal atau figur public adalah salah satu cara untuk memperluas jangkauan promosi. Dengan memanfaatkan sumber daya dan pengalaman orang lain (figure public), promosi bisa menjadi sangat efektif. Retailer dapat berkolaborasi untuk melaksanakan promosi penjualan unik dengan berbagai cara.

2. Lakukan sesuatu yang baik

Konsumen dewasa ini semakin menuntut tanggung jawab sosial perusahaan dari merek. Sebagai pemilik usaha, retailer memiliki kewajiban sosial yang “bertanggung jawab” dari para retailer. Jadi, konsep ini menjalankan promosi penjualan tanpa menurunkan harga jika Anda tidak mau.

Berikut beberapa cara promo penjualan Anda dapat diberikan kembali:

  • Donasi dari setiap penjualan yang dilakukan selama masa promo.
  • Menjual produk yang dibuat oleh pengerajin lokal
  • Sediakan tempat bermain anak-anak selama orang tua mereka berbelanja.
  • Memberikan hadiah langsung bagi pelanggan, dengan sayarat tertentu.

3. Kirim Surat Promosi

Di zaman digital saat ini, mudah melupakan tentang metode pemasaran dan periklanan lama. Dan itu sama saja, karena itu berarti bahwa bisnis yang memanfaatkan taktik promosi tradisional dapat memiliki peluang untuk lebih mudah dipengaruhi. Direct mail adalah peluang yang sebagian besar belum dimanfaatkan para retailer. Jika Anda melakukannya dengan baik, sesuai merek dan dengan citra dan pesan yang benar, kampanye surat langsung Anda dapat mendorong banyak pembeli ke toko Anda. Undangan yang dirancang dengan baik untuk berbelanja bisa menjadi semua yang Anda butuhkan untuk menyalakan kembali minat di toko Anda. Yakinlah dengan cara diatas maka surat anda tidak langsung berakhir di bagian bawah tempat sampah.

4. Penjualan eksklusif

Semua orang menyukai eksklusivitas. Siapa yang tidak ingin menjadi bagian dari grup terpilih yang memiliki akses ke hal-hal yang tidak disukai orang lain? Ketika Anda mengadakan promosi penjualan eksklusif, Anda membuat para pelanggan merasa istimewa dan dihargai.

Penjualan secara eksklusif juga memungkinkan Anda dapat menargetkan dan promosi secara tepat ke karakteristik dan peminat. Mayoritas pelanggan menginginkan penawaran secara pribadi dari retailer, hal ini cukup layak untuk dicoba.

5. Manfaatkan Sistem POS Retail

Sistem POS Retail menyediakan fungsi layar kedua di mesin POS kasir. Manfaatkan alat tersebut sebagai media promosi. Buatlah slide show atau video singkat yang berisikan informasi promo yang sedang berjalan. Selain sebagai hiburan bagi pelanggan yang sedang menunggu pembayaran juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi.

turboly.com