Manfaat Software POS Bagi Usaha Franchise

image

Jenis usaha franchise membutuhkan sistem operasional yang terintegrasi seperti yang tersedia dalam Software POS. Kemampuan mengatur inventory, keuangan, hingga menyediakan laporan secara real-time adalah beberapa fitur utama Software POS yang dibutuhkan dalam usaha franchise. Para pemilik brand atau franchisor dapat mengontrol dan melakukan monitoring disetiap mitra yang dimiliki melalui satu sistem. Berikut keuntungan menggunakan Software POS berbasis Cloud untuk usaha franchise :

1. Terintegrasi

Franchise menggunakan sistem duplikasi sebagai model bisnisnya dan Sofware POS berbasis Cloud memudahkan hal tersebut. Tanpa harus memiliki server khusus atau perangkat mahal, franchisor dapat langsung menduplikasi bisnisnya untuk para franchisee. Mulai dari Produk yang dijual, daftar stok barang, harga jual produk, harga pokok penjualan (HPP) dapat diduplikat ke tiap franchisee dengan cepat. Hal ini dapat dilakukan karena mode penyimpanan sistem POS modern sudah berbasis.

2. Mudah Dalam Monitor Performa Mitra

Pemilik brand / franchisor sangat memiliki kebutuhan untuk memonitor laporan dari setiap mitranya. Tentunya diperlukan standar pengelolaan data menjadi sebuah laporan yang dapat dianalisa. Oleh karena itu Software POS berbasis cloud sangat dibutuhkan. Laporan yang dihasilkan oleh Software POS pun bersifat real-time dan lengkap, mulai dari laporan penjualan hingga laporan inventory. Sehingga para franchisee bahkan tidak perlu repot membuat laporan secara manual. Dengan begitu, evaluasi performa bisnis tiap franchise bisa dilakukan lebih efektif dan tiap masalah dapat terdeteksi lebih dini.

3. Software POS Memudahkan Para Mitra

Umumnya, para mitra atau pengelola franchise merupakan pengusaha baru yang sedang menjajal dunia bisnis. Maka, untuk meminimalkan potensi kegagalan, para franchisee ini membutuhkan sistem yang memudahkan kinerja mereka. Salah satu cara yang paling efektif dan paling pas digunakan untuk bisnis franchise adalah sistem POS berbasis cloud. Mulai dari penjualan, pengelolaan inventory, membership hingga ke laporan laba rugi,telah disediakan oleh sistem. Terlebih saat ini banyak yang menawarkan suatu software dengan konsep sewa bulanan atau Software as a Service (SaaS) hanya membutuhkan jaringan internet. Sehingga resiko biaya investasi yang tinggi otomatis dapat tereduksi.

turboly.com