Pentingnya Menjaga Keamanan Software POS

image

Keamanan adalah salah satu masalah paling penting yang harus dipertimbangkan retailer ketika memilih Software POS. Fitur keamanan Software POS yang paling sering diabaikan adalah user access karyawan, dengan alasan kepercayaan. Namun akibatnya, kemanan internal menjadi terabaikan. Ada banyak alasan mengapa filter keamanan Software POS masih sangat penting bahkan untuk tim yang paling dipercaya sekalipun

  • Perlindungan Internal dan Eksternal. Ada banyak cara bahwa Software POS dapat mencegah penyalahgunaan data yang atau tidak disengaja. Jika Software POS digunakan untuk mengumpulkan data pelanggan, seperti informasi kontak atau informasi pembayaran, maka perusahaan akan dianggap bertanggung jawab jika terjadi pelanggaran data. Membatasi akses ke data tertentu kepada karyawan yang membutuhkannya untuk tugasnya dapat mencegah terjadinya kecurangan dan membantu toko Anda mempertahankan kepercayaan pelanggan.

  • Cash Management. Jika menggunakan Software POS, data transaksi pembayaran kas tunai akan selalu up-to-date dengan status keuangan toko saat ini. Termasuk jumlah uang / pembayaran yang diterima berdasarkan transaksi harian. Data tersebut akan otomatis dicatat di accounting oleh General Cashier. Cash Management yang baik memerlukan tingkat keamanan yang kuat dari semua sudut, detail dan mudah ditelusuri. Ketika membuka dan menutup transaksi harian dengan Turboly, staff kasir diharuskan menghitung dan mencatat jumlah uang tunai yang diterima sehingga jika ada perbedaan akan diketahui sejak awal. Dengan sistem pelaporan Cash Management seperti ini maka dapat mencegah kecurangan yang akan dilakukan oleh staff. Serta bagi pihak manajemen tidak perlu menerapkan kebijakan yang membuat karyawan merasa seperti mereka tidak dipercaya.

  • Role Access User. Cara paling sederhana dan mudah untuk melindungi data adalah dengan membuat role access setiap masing-masing karyawan dan membatasi akses mereka pada Software POS dengan fitur apa yang dibutuhkan setiap karyawan berdasarkan peran mereka. Mulai dari level Staff Toko, Gudang, Finance & Accounting, hingga ke sampai ke level paling tinggi Administrator. Dengan Turboly, dengan mudah akses karyawan dapat ditentukan sesuai dengan peran mereka masing-masing.

  • Menggunakan POS sebagai Pengawasan. Banyak kita jumpai CCTV disetiap sudut toko, Gudang, dsb sebagai alat pengawasan. Selain itu, sebenarnya Software POS dapat juga digunakan sebagai lapisan akuntabilitas sekunder. Misalnya, dengan mengharuskan setiap karyawan yang aktif untuk masuk ke sistem menggunakan login mereka sendiri. Sehingga, jika ada kesalahan dapat dibuktikan siapa yang menangani transaksi tersebut pada waktu tertentu.

turboly.com