Tanda Software ERP Harus Diperbaharui

image

Ada fenomena yang cukup unik yang dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk hal yang menyangkut software ERP untuk mendukung operasional perusahaan. Dimana sering kali timbul keraguan untuk mengganti sistem yang lama dengan alasan yang mungkin yang masuk akal misalnya program sudah cukup “kuno” meskipun masih stabil dan dianggap “cukup” atau investasi tinggi atas software ERP sebelumnya jadi saying jika diganti, dan berbagai alas an masuk akal lainnya.

Software yang digunakan untuk menjalankan proses bisnis yang terintegrasi mulai dari Sales hingga menghasilkan laporan akuntansi disebut dengan Software ERP. Software ERP setiap perusahaan berbeda-beda dan berbagai macam tergantung pada kebutuhan. Berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan Software ERP yang digunakan harus diperbaharui atau diganti.

1. Software ERP Tidak Lagi Memenuhi Kebutuhan Perusahaan.

Seiring dengan dengan perkembangan usaha, Software ERP yang digunakan dianggap terlalu kaku dan tidak dinamis dan tidak lagi mengikuti kebutuhan perusahaan, laporan yang dihasilkan tidak menjawab pertanyaan user. Akibatnya kesulitan menganalisa posisi perusahaan. Ditambah jika dari vendor Sofware ERP sudah tidak meyediakan layanan dukungan.

2. Sistem Terpisah antar Departemen/ Bagian.

Sistem berbeda antar departemen dan tidak dapat diintegrasikan dengan sistem lain adalah faktor utama yang menghambat kinerja. Sistem yang terpisah akan menyulitkan antar departemen dalam berbagi informasi yang akurat dan up-to-date. Laporan yang dihasilkan secara terpisah sering membutuhkan perhitungan tambahan secara manual. Hal ini tentu tidak akan terjadi apabila menggunakan Software ERP dimana diciptakan untuk semua bagian di perusahaan dalam satu platform.

3. Ada Software ERP yang Lebih Matang dan Sesuai Dibandingkan Sistem yang Lama.

Kematangan bisnis dapat menghasilkan sistem baru yang dapat mengurangi proses administratif sehingga fokus bisnis dapat lebih mengarah pada proses produksi dan pendistribusian barang ke customer. Menyederhanakan prosedur administratif memang perlu, namun jangan sampai membuka celah baru yang dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan menggunakan Software ERP yang baik akan dapat memungkinkan pemangkasan proses administratif tanpa menimbulkan celah.

turboly.com