Tips Mendapatkan Supplier Bagi Usaha Retail Anda

image

Ketika Anda ingin memulai sebuah usaha retail, yang wajib Anda lakukan adalah harus tahu apa yang ingin Anda jual dan memiliki ide tentang bagaimana Anda mendapatkan supplier . Di mana menemukan sumber-sumber produk tersebut? Apa yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan produsen, pedagang grosir, atau supplier terbaik?

Ada beberapa cara yang dapat Anda manfaatkan :

1. Pameran

Pameran perdagangan dan acara industri lainnya menawarkan banyak peluang untuk mempelajari tren mendatang di industri Anda. Keuntungan dengan hadir pada pameran perdagangan adalah memungkinkan Anda untuk mendapatkan kesempatan bertatap muka dengan supplier dan melihat jelas kualitas produk yang mereka tawarkan.

Ada banyak sekali kegiatan yang disediakan distributor besar ataupun produsen di luar sana yang tujuan utamanya adalah untuk menghubungkan pembeli dengan supplier dari berbagai jenis industri, mulai dari fashion, otomatif, alat berat hingga franchise. Jadi, jika Anda mencari sesuatu yang lebih spesifik, Anda tidak akan kesulitan menemukan supplier/ produsen yang Anda inginkan. Dan biasanya beberapa distributor besar / produsen akan memberikan penawaran khusus untuk peserta acara. Jadi, hal ini sangat sayang jika dilewatkan.

2. Media Massa dan Social Media

Jika Anda tidak punya waktu atau dana lebih untuk menghadiri suatu pameran yang berbayar. Anda dapat mencoba untuk berlangganan majalah khusus atau perdagangan sesuai dengan industry yang Anda geluti sebagai gantinya. Seperti halnya pameran, publikasi industri melalui media massa atau social media adalah sumber yang bagus untuk ide produk dan informasi supplier.

Para distributor besar/produsen memiliki konten mereka dapat memberi Anda tambahan wawasan tentang produk yang mereka jual, distributor terdekat di daerah Anda.

3. Asosiasi Industri

Sebagian besar asosiasi perdagangan menyediakan layanan jaringan dan direktori untuk membantu Anda terhubung dengan vendor. Anda bahkan tidak perlu menjadi anggota organisasi untuk memanfaatkan manfaat tertentu. Keuntungan lain dengan asosiasi Anda akan dapat banyak mendapatkan relasi bukan hanya dari sisi produsen/ supplier namun juga akan menambah pengetahuan Anda mengenai usaha yang Anda kembangkan.

4. Direktori Online

Selain cara-cara “konvensional” diatas, Anda juga dapat memanfaatkan situs situs online directory yang sudah banyak tersedia saat ini seperti Alibaba.com, Ebay.com, ataupun situs marketplace. Bukan hanya mereka saja yang wajib Anda kunjungi namun ada banyak yang lain. Situs direktori online akan memberikan Anda akses ke ribuan profil pemasok dan menawarkan fitur pencarian dan penjelajahan sehingga Anda dapat dengan mudah membidik pada produk atau supplier yang Anda butuhkan. Tapi selalu ingat, karena ini adalah transaksi online, pastikan supplier yang akan Anda pilih memiliki reputasi yang baik.

turboly.com