Apa yang Harus Dilakukan dengan Slow Moving Inventory

Salah satu masalah yang sering dihadapi pelaku industry retail adalah stok mati / dead stock. Dalam industry retail, jika stok barang tidak terjual selama 3-4 bulan akan dikategorikan sebagai “Stok Mati”. Berurusan dengan persediaan bergerak lambat dan cenderung tidak bergerak mengharuskan harus mengambil tindakan tidak hanya untuk mengatasinya tetapi juga mengurangi kemungkinan akan mempengaruhi keuntungan perusahaan. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan terhadap “Stok Mati#.

Flash Sales

Flash Sales adalah cara penjualan dengan memanfaatkan emosi pelanggan. Mengapa demikian? Karena siapapun senang jika mendapatkan penawaran menarik. Dengan promo flash sale yang menarik dan waktu yang singkat, pelanggan akan cenderung impulsive dan hal inilah yang diharapkan. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan promo Flash Sales karena kembali lagi ke sifat pelanggan yang cenderung mudah bosan jika sesuatu berulang-ulang dan ini bisa berakibat buruk bagi perusahaan..

Product Bundling

Jika inventory bergerak lambat, masih ada peluang untuk mengubahnya menjadi cash / tunai dengan cara membuat “Product Bundle”. Bundling berarti menggabungkan produk menjadi satu penjualan. Ada beberapa cara untuk memaketkan barang, perhatikan barang apa yang paling laku, paketkan lah barang tersebut dengan barang “Stok Mati” anda, namun ingat harus sesuai antara barang satu dengan barang yang lain. Ada resiko margin akan berkurang, tetapi cara ini akan cukup berhasil untuk me-Rupiah-kan barang yang tidak laku.

Likuidasi atau Donasi

Cara terakhir jika semua cara sudah dilakukan namun belum berhasil menggerakan “Stok Mati” adalah dengan melikuidasi dan mendonasikan barang tersebut. Metode ini cukup populer oleh sebagian retailer. Ketika “Stok Mati” dilikuidasi maka Anda harus menemukan perusahaan/ pihak yang ingin membeli barang “Stok Mati” Anda dengan harga murah. Langkah ini tidak akan menghasilkan keuntungan apapun namun cukup membantu untuk mengurangi kerugian. Pilihan lain adalah mendonasikannya pada pihak yang membutuhkan, keuntungan jika anda mendonasikan “Stok Mati” adalah pengurangan pajak penghasilan badan sebagai imbalan atas donasi atau sumbangan yang diberikan. Selain pengurangan pajak, hal ini juga dapat dianggap sebagai tanggung jawab social perusahaan (CSR).

www.turboly.com