4 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Mendorong Hubungan Dengan Supplier

image

Dengan memanfaatkan Software ERP untuk menilai kinerja supplier Anda. Anda akan menemukan supplier yang memuaskan, kewajiban Anda adalah mempertahankannya. Jika Anda tidak memiliki hubungan dekat dengan supllier Anda, sekarang adalah saat yang tepat untuk memupuknya. Menempatkan perhatian ke dalam hubungan ini akan menghemat pengeluaran uang dan membantu Anda mendapatkan lebih banyak uang Anda - itu adalah berita bagus untuk penghasilan Anda. Berikut adalah empat hal yang dapat Anda lakukan pada akhirnya untuk membangun atau meningkatkan hubungan pemasok:

Atur jadwal

Pastikan untuk membuat perencanaan pembelian yang baik untuk menempatkan pesanan sebelum Anda membutuhkan barang. Perlu diketahui, tidak semua pengiriman selalu di dikendalikan oleh supplier. Perencanaan pembelian yang buruk, selain akan mempengaruhi customer experience juga akan memperburuk hubungan Anda dengan supplier karena pasti Anda akan memburu-buru supplier untuk mengirimkan pesanan Anda.

Lakukan pembayaran tepat waktu

Bayar tagihan tepat waktu. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan “hati” supplier Anda. Selain itu tak jarang Supplier akan memberikan diskon atau kelonggaran pembayaran yang artinya akan semakin baik bagi cash flow perusahaan. Salah satu cara tercepat untuk memperburuk hubungan dengan supplier adalah dengan menunggak pembayaran. Jika supplier sudah tidak dapat mempercayai Anda, maka artinya pasokan barang Anda akan mulai terganggu atau Anda harus mencari supplier lain yang belum tentu memiliki Service Rate dan kualitas barang yang sama.

Jujurlah dengan supplier

Komunikasi adalah kunci. Jangan segan menyampaikan keluhan atau masukan kepada suppler Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan pengiriman, hubungi supplier segera untuk menyelesaikannya. Menjaga komunikasi tetap terbuka akan membantu pemasok Anda mengingat bisnis Anda dan membuat interaksi masa depan lebih mudah.

Anda mungkin memiliki staf/ karyawan khusus untuk berhubungan dengan supplier, tetapi tidak ada salahnya jika Anda sebagai pemilik tetap menjaga hubungan dengan perwakilan dari supplier. Keuntungannya adalah Anda akan mendapatkan “akses” khusus jika suatu saat Anda memerlukan bantuan dari supplier.

turboly.com