Cara Sederhana Mengelola Kas Toko

image

Manajemen Kas adalah pekerjaan harian dalam usaha ritel dan yang juga merupakan salah satu komponen yang penting. Mari kita lihat beberapa cara yang lebih praktis dan efisien untuk mengelola kas di toko Anda :

Manajemen Kas yang Baik Dimulai Dengan Sistem POS

Sistem point of sale (POS) adalah langkah pertama dalam manajemen kas ritel modern. Untuk melacak arus kas, langkah terbaik untuk memulai adalah dengan memantau uang tunai yang masuk ke bisnis Anda. Dan cara ini pun dapat digunakan untuk memantau arus uang tunai keluar yang digunakan baik untuk pembelian atau pembayaran.

Mencegah Penerimaan Uang Palsu

Selain sistem POS untuk melacak uang secara tunai, pastikan uang yang Anda terima adalah uang yang sah atau asli. Dengan memanfaatkan teknologi yang alat pendeteksi uang palsu sebagai alat bantu Sistem POS untuk mencegah kerugian yang mungkin Anda alami dengan menerima uang palsu. Dengan banyaknya uang paslu yang beredar saat ini maka pencegahan wajib dilakukan oleh staff kasir Anda.

Menghitung dan Menyortir Uang Tunai

Pada akhir setiap shift atau hari kerja, semua saldo kas yang Anda kumpulkan sepanjang hari harus dihitung dan diurutkan sesuai dengan satuan Rupiahnya dan siapkan amplop khusus per masing-masing kasir. Dan pastikan bahwa jumlah uang yang diterima secara fisik / tunai sama dengan yang tercatat di Sistem POS.

Simpan Kas di Tempat Aman

Setelah menghitung jumlah uang tunai (uang remittance), Anda akan membutuhkan tempat untuk menyimpannya - setidaknya untuk sementara sebelum disetor ke Bank. Sediakan brankas kecil/ laci khusus agar setiap staff kasir dapat menyimpan uang tunai hasil penjualannya.

turboly.com