Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Sales Quotation, Sales Order dan Sales Invoice

image

Dalam proses penjualan ritel, ada beberapa langkah yang harus dilalui. Untuk memahami setiap langkah, dan apa yang dapat terjadi di setiap langkah, Anda harus mengetahui perbedaan antara istilah yang digunakan. Apakah Anda tahu perbedaan antara surat penawaran (Sales Quotation) , pesanan penjualan (Sales Order), dan faktur penjualan (Sales Invoice)? Secara efektif menggunakan langkah-langkah tersebut untuk memungkinkan untuk melacak penjualan dan persediaan dengan lebih efektif. Inilah yang perlu Anda ketahui, bersama kapan dan bagaimana menggunakan masing-masing:

Apa itu Sales Quotation?

Untuk transaksi penjualan B2B atau wholesale, langkah pertama yang biasa dibuat adalah Surat Penawaran atau Sales Quotation. Biasanya pelanggan akan menghubungi atau tim Sales perusahaan yang menghubungi pelanggan. Selanjutnya Surat Penawaran harga akan dikirimkan. Tergantung pada jenis industrinya, Surat Penawaran bisa tegas, atau bisa fleksibel. Dalam praktiknya, Surat Penawaran mungkin atau mungkin tidak diterima oleh pelanggan. Jika diterima dan setujui, maka pelanggan akan menerbitkan Purchase Order untuk selanjutnya akan diproses menjadi Sales Order di sisi Anda.

Apa itu Sales Order?

Sales Order / Pesanan penjualan merupakan tindak lanjut dari Purchase Order yang dikirimkan berdasarkan harga dan spesifikasi barang atau jasa yang tercantum pada Surat Penawaran (Sales Quotation). Berdasarkan Sales Order yang telah disetujui oleh bagian Sales akan diteruskan ke bagian Gudang sebagai dasar pengeluaran barang dan pengiriman barang.

Apa itu Sales Invoice?

Sales Invoice / Faktur adalah permintaan untuk pembayaran. Pada dasarnya ini adalah komitmen antara penjual dan pembeli bahwa pembayaran barang akan jatuh tempo pada titik tertentu setelah barang diterima oleh pelanggan. Faktur adalah dokumen yang mencantumkan segala hal yang diperoleh kedua belah pihak dari transaksi. Pelanggan mendapatkan barang dan berapa biaya yang harus mereka bayar. Penjual mendapatkan jumlah uang yang ditentukan. Faktur dapat ditandai sebagai pembayaran yang harus dilunasi pada saat diterima.

turboly.com