4 Langkah Membuka Cabang Baru

image

Membuka lokasi kedua, ketiga dan seterusnya adalah cita-cita hampir semua retailer. Ini berarti Anda berhasil mengembangkan perusahaan, mengembangkan basis pelanggan tetap, dan mengelola arus kas.

Penting untuk mengetahui apakah bisnis Anda siap untuk lokasi kedua. Membuka lokasi bisnis kedua membutuhkan banyak waktu, perencanaan, dan modal. Anda harus memiliki strategi yang mencakup setiap langkah untuk membuka lokasi kedua.

Perluasan bisnis tidak mudah. Tetapi jika dilakukan dengan benar, lokasi kedua bisa sangat bermanfaat. Ikuti langkah-langkah ini untuk membuka lokasi bisnis kedua.

Langkah 1: Pilih lokasi

Buat daftar lokasi bisnis potensial. Kemudian, lakukan riset pasar untuk melihat tempat mana yang memiliki peluang sukses terbesar. Lihatlah demografi, target pelanggan, dan persaingan di area tersebut. Berbicaralah dengan konsumen lokal dan uji merek Anda di grup kecil untuk mendapatkan wawasan. Tinjau peraturan zonasi, pajak, dan izin yang mungkin perlu Anda ikuti.

Langkah 2: Kembangkan rencana pemasaran

Bagian terbaik tentang memasarkan lokasi bisnis kedua adalah Anda sudah memiliki basis pelanggan yang solid. Pelanggan Anda saat ini menawarkan dua aset berharga untuk ekspansi bisnis: pertama, cari tau kebutuhan konsumen dan kedua, menjalin hubungan dengan pelanggan.

Langkah 3: Buat rencana bisnis

Anda mungkin punya rencana untuk lokasi pertama Anda. Tergantung pada seberapa baik rencana itu bekerja, Anda dapat memodelkan lokasi baru Anda setelahnya. Melakukan hal itu akan membantu konsistensi merek di antara kedua toko.

Rencana tersebut harus terdiri dari deskripsi perusahaan yang menunjukkan bagaimana Anda memenuhi kebutuhan konsumen. Juga, termasuk analisis pasar, daftar produk dan layanan, dan rencana pemasaran. Tambahkan kebutuhan dana Anda dan proyeksi keuangan untuk lokasi baru.

Langkah 4: Gunakan Software ERP Terintegrasi

Semakin besar bisnis Anda, semakin mudah untuk melakukan kesalahan. Anda tidak ingin memiliki kesalahan dalam buku Anda. Siapkan Sistem ERP yang terintegrasi untuk semua lokasi cabang Anda. Dengan sistem ERP, mulai dari POS, Inventory hingga Accounting akan terintegrasi dan secara otomatis akan memisahkan pendapatan dan pengeluaran untuk lokasi bisnis yang berbeda. Dengan begitu, Anda dapat melihat seberapa baik kinerja masing-masing, dan berapa banyak yang Anda belanjakan untuk masing-masing.

Siap membuka lokasi bisnis kedua?

Membuka lokasi kedua untuk bisnis adalah tonggak yang menantang dan bermanfaat. Jika ekspansi bisnis ada di masa depan Anda, pastikan Anda membuat rencana terperinci. Gunakan pelajaran yang Anda pelajari dari lokasi pertama Anda untuk meluncurkan usaha baru menuju kesuksesan.

turboly.com