5 Kesalahan Ketika Memilih Software POS

image

Software POS yang efisien menyatukan informasi tentang penjualan, persediaan, pelanggan. Tetapi dengan begitu banyak solusi yang tersedia, menemukan Software POS terbaik dan tepat untuk bisnis Anda dapat menjadi tantangan.

Berikut adalah kesalahan paling umum yang dilakukan pengecer ketika memilih software POS dan cara menghindarinya :

1. Tidak Sesuai Kebutuhan

Hal yang paling merugikan adalah ketika memilih sebuah Software POS, Anda tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang fitur dan fungsi yang perusahaan Anda butuhkan. Hal yang pertama Anda perlu lakukan adalah mengevaluasi apa yang sebenarnya kebutuhan Anda dan bagaimana Anda sebagai owner dapat menggabungkan masing-masing fungsi POS ke dalam bisnis Anda.

Jika Anda melewatkan langkah ini, Anda akan memiliki resiko cukup besar akan fitur yang tidak kompatibel atau tidak perlu. Serta ketidakmampuan Software POS untuk melakukan fungsi yang penting dalam operasional perusahaan Anda.

2. Sensitif Terhadap Harga

Sebagai owner Anda harus pandai dalam membelanjakan dan menginvestasikan uang Anda, tetapi sebaiknya tidak berlaku bagi Software POS. Mendapatkan Software POS dengan harga “paket hemat” adalah mungkin adalah pilihan cerdas, tetapi jangan pernah mengkompromikan fitur-fitur penting dalam proses pemilihannya. Intinya, Anda perlu berinvestasi dalam solusi yang tepat agar bisnis Anda berjalan dan tumbuh.

3. Berinvestasi Pada Hardware

Tidak semua software POS akan dijalankan dari hardware yang sama. Anda mungkin hanya membutuhkan tablet atau laptop, namun untuk perusahaan ritel yang lebih besar memerlukan hardware seperti Cash Drawer, Card Reader/ EDC, Printer Thermal, dsb.

Setiap perangkat lunak POS memerlukan platform operasi spesifik, jadi jangan membatasi diri Anda dengan berinvestasi di hardware terlebih dahulu. Mengapa? Karena itu berarti Anda berpotensi membuang-buang waktu dan uang Anda pada sumber daya yang mungkin tidak cukup kompatibel untuk mendukung Software POS berikutnya yang Anda beli.

4. Pelatihan Tidak Mencukupi

Staf Anda adalah salah satu sumber daya Anda yang paling berharga, namun banyak owner mencoba untuk menghemat budget dengan memangkas masa pelatihan pada Software POS. Seperti hal lain dengan bisnis Anda, pengetahuan adalah kunci, dan mengetahui cara efektif menjalankan Software POS baru Anda sangat penting untuk kesuksesan Anda. Karyawan Anda adalah orang yang secara langsung memproses penjualan, mengelola persediaan, mencetak barcode, dll., Dan tidak peduli seberapa hebat Software POS Anda, pengguna yang kurang terlatih dapat dengan cepat menjadikannya kurang efektif.

5. Memilih Vendor Yang Salah

Memilih Software POS adalah memasuki hubungan jangka Panjang. Anda memiliki banyak opsi, pastikan agar Anda bermitra dengan perusahaan yang kuat yang didedikasikan untuk industri ritel.

turboly.com