5 Laporan Gudang Persediaan Yang Wajib Dibaca

image

Dengan gudang yang lebih besar, penjualan yang lebih banyak, dan waktu perputaran yang lebih cepat, menjaga gudang Anda berjalan dengan lancar harus menjadi salah satu prioritas perusahaan. mendapatkan laporan yang tepat dan akurat adalah hal yang sangat penting untuk mengetahui kondisi persediaan dalam Gudang Anda.

Laporan Gudang Mana yang Harus Anda Pakai?

Untuk meningkatkan efisiensi, persediaan produk terbaik, dan menekan biaya, berikut lima laporan dari Software ERP yang harus Anda ketahui mengenai kondisi Gudang Anda :

1. Laporan Service Rate Supplier

Apakah Anda tahu reputasi seperti apa yang dimiliki supplier Anda? Laporan Service Rate Supplier akan memberi tahu Anda tentang keluhan pelanggan yang mungkin selama ini Anda temui. Dari laporan ini Anda dapat mengetahui berapa total pembelian Anda, dan apakah mereka mengirimkannya tepat waktu dan sesuai pesanan. Ini dapat membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan Anda dengan semua Supplier. Jika pemasok tidak sesuai dengan visi atau kebutuhan perusahaan Anda, Anda harus bersedia memutuskan hubungan dan beralih ke perusahaan yang lebih selaras dengan perusahaan Anda, tetapi setidaknya Anda akan memiliki bukti mengapa hal ini diperlukan.

2. Laporan Stock Level Inventory

Banyak bisnis kecil tidak mengetahui berapa jumlah persediaan yang mereka punya dan akhirnya menyerah pada keadaan dalam ketika mengalami kerugian. Berinvestasi dalam Software ERP akan memberi manfaat dalam pelacakan persediaan Anda sehingga jumlah persediaan akan diperbarui secara otomatis, sehingga kapanpun Anda ingin mengetahui berapa jumlah persediaan yang Anda punya, informasi itu ada di genggaman Anda tanpa perlu membuang waktu untuk menghitung proses secara manual.

3. Laporan Purchase History

Dapatkan lebih banyak informasi mengenai riwayat pembelian Anda dari Laporan Purchase History. Dari Informasi tersebut, Anda dapat mengetahui siapa supplier yang selama ini mendukung pertumbungan usaha Anda, baik itu yang menyediakan produk terbaik, harga terbaik ataupun yang memberikan credit term paling lama. Ketika Anda melihat Laporan Purchase History, Anda dapat belajar banyak tentang cara-cara untuk meningkatkan hubungan Anda dengan supplier.

4. Laporan Stock Movement

Saat Anda ingin melakukan pembelian baru, ada baiknya Anda melihat pergerakan persediaan yang Anda miliki dan mengetahui dimana yang Gudang/ toko yang persediaannya kosong. Laporan Stock Movement akan membantu Anda dapat dengan cepat memberi tahu seberapa sering pergerakan produk Anda sesuai trend yang mungkin terjadi, dan dimana perlu ditambahkan. Sehingga Anda dapat mengatur ulang dan menyimpan produk Anda dengan cara yang paling efisien untuk dipilih. Ini juga dapat mengurangi waktu yang dihabiskan karyawan Anda untuk mengerjakan secara manual.

5. Laporan Biaya Gudang

Pada akhirnya, segala proses akan berhubungan ke biaya. Anda pasti ingin tahu berapa banyak biaya yang Anda keluarkan untuk mengoperasikan gudang - dan bagaimana Anda dapat menggunakan gudang untuk memotong biaya atau meningkatkan penjualan. Laporan Biaya Gudang dapat Anda gunakan untuk membandingkan biaya gudang dengan jumlah penjualan perusahaan. Tarik dan bandingkan laporan dari Software ERP, menjalankan laporan ini dapat memberi Anda gambaran menyeluruh tentang area di mana Anda perlu mengurangi biaya, atau berinvestasi lebih banyak untuk memperbaiki efisiensi Gudang penyimpanan Anda.

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan Laporan dari Software ERP dapat membantu Anda mendiagnosa kesehatan proses manajemen gudang Anda. Efisiensi dapat dilakukan jika Anda mendapatkan laporan yang akurat. Pada akhirnya, usaha ritel Anda hanya dapat beroperasi dengan efektif dan efisien.

turboly.com