Barcode dan QR Code, Mana yang Tepat Bagi Retailer

image

Barcode bagi toko ritel modern merupakan suatu hal yang wajib. Tidak ada acara yang lebih efisien untuk melacak pergerakan suatu produk selain menggunakan Barcode. Mulai dari proses pengiriman, penyimpanan dan penjualan barang semua dapat menggunakan barcode yang dipindai pada scanner khusus yang terhubung dengan Software POS Retail.

Saat ini, selain Barcode para pengusaha ritel mulai menggunakan QR Code untuk menggantikan Barcode dalam operasional usahanya. QR Code sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 90an, namun baru menjadi trend baru di industri ritel diatas tahun 2000an.

Jadi, manakah yang terbaik dan tepat untuk digunakan dalam usaha ritel?

Jika Anda menggunakan Barcode, Anda akan melihat manfaat dan kerugian dari Barcode sekaligus. Data yang yang disimpan oleh Barcode bersifat linier dan sederhanayang berarti mudah dibuat dan dibaca, tetapi kelemahannya adalah Barcode memiliki keterbatasan dalam menyimpan data. Meskipun demikian, dengan memanfaatkan stiker label yang kecil untuk menampilkannya, bagi banyak manfaat Barcode sudah memenuhi kebutuhan dan tujuannya. Yaitu, mempermudah proses pelacakan barang.

Sekarang kita lihat QR Code. Keunggulan QR Code dibanding Barcode, QR Code memiliki penampakan yang lebih luas karena itu QR Code akan lebih banyak menyimpan informasi dan menyimpannya dengan cara yang terstruktur. Jika Barcode hanya dapat dibaca dari kiri ke kanan, QR Code dibaca (dipindai) dari bermacam posisi.

Apa yang dibutuhkan para retailer? Proses kerja cepat dan akurat; proses yang singkat yang memungkinkan untuk memasukkan kode produk/ SKU yang panjang ke dalam Sistem tanpa harus mengetik ulang. Barcode dan QR Code keduanya memenuhi kebutuhan itu, Investasi untuk Barcode lebih murah, universal, dan mudah dicetak. Sedangkan QR Code, akan menyimpan informasi lebih banyak dan pasti akurat.

Namun bagi retailer, jika belum ada kebutuhan secara khusus dalam operationalnya penggunaan Barcode akan menjadi pilihan yang tepat. Barcode bersifat universal, sederhana, kuat, dan fleksibel. Meskipun kurang kuat dibandingkan dengan QR Code, Barcode sudah memberikan jumlah informasi yang akurat untuk pengecer.

turboly.com