Tips Memastikan Toko Berjalan Tanpa Kehadiran Anda

image

Ada saatnya dalam kehidupan setiap pemilik bisnis tidak hadir di toko karena berlibur, perjalanan bisnis atau keadaan darurat. Apapun masalahnya, mempersiapkan bisnis Anda untuk ketidakhadiran Anda harus dilakukan lebih awal daripada nanti. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah membuat staf Anda berebut dan bingung apa yang harus dilakukan saat Anda tidak ada di sana.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu memastikan bahwa toko Anda dapat berjalan lancar saat Anda tidak ada :

Buat Panduan/ SOP

Buat panduan yang dapat dilakukan oleh staf Anda saat Anda tidak ada. Prosedur dokumen mengenai penjualan, pembelian, Gudang, dsb, dan segala hal lain yang akan memungkinkan karyawan Anda berfungsi tanpa kehadiran Anda.

Tunjuk Orang Kepercayaan

Memiliki staff kepercayaan sebagai second line command untuk mengambil alih toko jika Anda tidak ada adalah hal yang peting. Orang ini harus seseorang yang Anda percayai dan sudah paham seluk-beluk bisnis Anda dan keterampilan kepemimpinan yang kuat. Jangan takut untuk mulai mempercayakan proses operasional pada orang kepercayaan Anda.

Berdayakan Staf Anda

Tentu saja, kesuksesan toko Anda tidak bergantung pada 1 orang, itulah sebabnya penting untuk memberdayakan semua karyawan Anda agar berfungsi dengan baik bahkan ketika Anda tidak ada. Ini dapat dicapai dengan memberi mereka pelatihan yang memadai dan dengan membina lingkungan terbuka yang mengakui upaya setiap anggota tim.

Beralihlah ke Cloud

Keindahan hidup di zaman modern ini adalah bahwa ada banyak alat yang dapat membantu Anda menjalankan toko Anda bahkan ketika Anda pergi. Solusi cloud memungkinkan Anda mengakses file, data, dan laporan dari mana saja dan dari perangkat apa saja selama Anda memiliki koneksi Internet.

Jika Anda belum melakukannya, mulailah menggunakan Sistem POS berbasis cloud untuk menjalankan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh informasi penjualan, persediaan, keuangan, data pelanggan dan bahkan lebih banyak lagi saat Anda bepergian.

turboly.com