Tips Mengelola Gudang Toko

image

Gudang memang bukan merupakan bagian terindah dari toko Anda, tetapi merupakan bagian penting dari lokasi fisik Anda. Dalam banyak hal, gudang Anda bertindak sebagai markas besar operasional toko. Dimana barang diterima, dimana staf Anda akan menemukan hal-hal baru yang menarik, dan tempat “uang” Anda tinggal. Jika dikelola dengan benar, dan Gudang akan memiliki peranan yang dahsyat dalam perkembangan usaha Anda.

Berikut adalah Tips mengelola Gudang yang baik :

1. Maksimalkan ruang vertikal Anda

Gudang memiliki langit-langit yang cukup tinggi, jadi maksimalkanlah. Semakin banyak barang yang bisa Anda tempatkan di rak yang lebih tinggi, akan menjadikan banyak ruang lantai yang dapat Anda bebaskan bagi staf yang bekerja dengan efisien dan aman, tanpa disadari hal ini merupakan nilai tambah. Berinvestasilah untuk kursi dan tangga yang aman untuk mempermudah pergerakan rak yang lebih tinggi.

2. Tempatkan Barang Fast Moving di Bagian Depan

Bantu fungsi staf lantai Anda pada efisiensi puncak dengan menempatkan barang-barang Anda yang paling populer di dekat bagian depan ruang stok Anda sehingga mereka dapat dengan cepat mengambilnya.

3. Tempatkan Barang Yang Berat di Bawah

Ini adalah tip keamanan: simpan barang terberat Anda sedekat mungkin dengan lantai. Ini akan mencegah potensi kolaps, tetapi juga akan menurunkan potensi cedera saat staf Anda memindahkan barang-barang di sekitar. Sebaliknya, barang yang lebih ringan harus disimpan di lantai, sehingga mencegah kekacauan dan tersandung.

4. Memanfaatkan Software ERP

Software ERP memiliki salah satu modul manajemen persediaan, yang merupakan alat yang sempurna untuk membantu Anda menjaga proses operasional Gudang. Misalnya, solusi kontrol stok yang baik akan membantu Anda memprediksi secara akurat berapa banyak barang dagangan yang Anda butuhkan untuk dikirim dan kapan, yang akan membantu menjamin ruang stok Anda tidak pernah kurang atau bahkan kosong.

5. Jaga Suhu Gudang

Pengendalian suhu gudang sangat penting karena membantu menjaga semua produk Anda dalam kondisi terbaik. Tetapi itu juga sangat penting karena Anda akan memiliki karyawan yang bekerja disana

turboly.com