5 Alasan Mengapa Perangkat Lunak Akuntansi Bermanfaat

image

Dalam mengelola keuangan suatu perusahaan akan sangat beresiko jika masih menggunakan sistem manual. Hal yang mungkin terjadi adalah kesalahan penginputan data sehingga menghasilkan laporan yang salah dan tentunya berpotensi akan penyimpangan. Namun, saat ini Software Akuntansi akan sangat membantu proses pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Berikut adalah manfaat Software Akuntansi dalam perusahaan :

1. Single Entry Concept

Proses input data cukup memakan waktu. Dengan Software Akuntansi akan memungkinkan Anda untuk hanya memasukkan informasi hanya pada saat transaksi terjadi, misalnya data penjualan otomatis akan terhubung ke Persediaan, Piutang dan Buku Besar. Historis transaksi pelanggan, pembayaran semuanya dapat dilacak dengan mudah dengan jangka waktu penyimpanan yang dapat disesuaikan tanpa perlu memilah data secara manual yang akan memakan waktu untuk melakukan jurnal. Tentunya hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi ini juga menghilangkan potensi kesalahan dibadingkan jika entri data secara manual satu persatu di setiap bagian.

2. Membantu Laporan Pajak

Menggunakan Software Akuntansi yang baik akan menyimpan seluruh data penjualan dan pembelian secara rinci. Pencatatan dan pelaporan yang rapi dan lengkap akan mempermudah pekerjaan akuntan dalam menyusun pelaporan pajak. Pilihlah Software Akuntansi yang sudah menerapkan Standart Akuntansi Keuangan dan Peraturan Perpajakan, sehingga Anda tidak perlu menyusun ulang laporan karena semua sudah disediakan oleh Software Akuntansi.

3. Faktur Digital

Di dunia yang digerakkan oleh teknologi, dokumen cetak sudah dianggap ketinggalan jaman. Mengirimkan faktur digital ke pelanggan Anda melalui email dapat menjadi solusi yang disediakan oleh Software Akuntanti. Pelanggan pun melakukan pembayaran melalui channel pembayaran online/ internet banking. Hasilnya proses penagihan dan pembayaran akan menjadi lebih hemat, efektif dan efisien.

4. Hemat

Dengan mengotomasi fungsi dan tugas akuntan, maka secara tidak langsung perusahaan melakukan penghematan dalam jangka panjang. Software Akuntansi memiliki pilihan investasi, dan yang sedang trend dan berkembang saat ini adalah Software Akuntansi Berbasis Cloud dengan konsep sewa bulanan/ berlangganan, jadi tidak ada investasi awal yang besar.

5. Mudah Diakes

Memanfaatkan Software Akuntansi berbasis cloud, akan membuat Anda dapat mengakses informasi di mana pun dan kapan pun selama ada koneksi internet. Masalah-masalah keuangan sangat sulit ditunda misalnya approval pembayaran, approval PR/ PO dapat diselesaikan dengan segera dan tetap terkontrol.

turboly.com