Masalah Sistem POS Umum Yang Mudah Dihindari

image

Sistem POS harus dapa sebagai alat untuk membantu Retailer mencapai untuk kesuksesan mereka, baik itu dari sisi penjualan, kepuasan pelanggan, persediaan, keuangan hingga ke proyeksi pertumbuhan, dsb. Nah, maka dari itu jika Sistem POS mengalami gangguan maka proses kerja akan terganggu dan jika berlangsung lama maka tujuan yang ingin dicapai oleh Retailer dapat tidak tercapai. Permasalahan dalam Sistem POS bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Ada beberapa masalah umum yang berkaitan dengan teknologi Sistem POS yang dapat dengan mudah dihindari. Mari kita lihat beberapa masalah ini dan cara mencegah atau meminimalkannya.

  • Daya Listrik. Banyak peralatan elektronik yang ada di toko Anda, mulai dari AC, Lampu, Komputer/ Laptop, dsb. Dengan banyaknya peralatan elektronik yang aktif secara bersamaan dan jika arus listrik yang mengalir tidak stabil maka sewaktu-waktu dapat mengalami lojakan daya yang secara langsung akan mempengaruhi kinerja dari peralatan elektronik dan jika yang terganggu adalah PC/ Laptop untuk Sistem POS Anda maka dapat menggangu proses pelayanan konsumen. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan stabilizer atau bisa juga UPS untuk membantu menstabilkan daya listrik pada peralatan-peralatan yang berhubungan dengan transaksi Sistem POS seperti PC/ Laptop, Printer, Modem, dsb

  • Kabel. Toko merupakan tempat yang sangat sibuk. Karyawan, akan larut dalam kesibukan mereka mulai dari Sales, Kasir dan untuk beberapa tempat ada juga security. Jika Anda memiliki instalasi kabel yang buruk, maka karyawan dapat secara tidak sengaja tersandung kabel listrik yang terhubung pada peralatan Sistem POS Anda, bisa kabel PC, Printer atau bahkan kabel listrik yang secara tidak sengaja tercabut yang dapat mengganggu dalam proses pelayanan pelanggan. Sistem manajemen kabel yang baik yang mengatur kabel dengan cara yang rapid an teratur membuatnya jelas bahwa kabel terhubung akan diberikan pengamanan dan penataan yang rapi untuk mengindari permasalahan.

  • Perangkat Keras/ Hardware. Tidak dapat dipungkiri bahwa investasi minimal merupakan salah satu pertimbangan para retailer dalam memilih Sistem POS. Namun, jangan sampai perangkat keras yang dipilih merupakan kualitas kedua dimana biasanya perangkat keras kualitas kedua ini tidak didukung dengan performance yang mumpuni, dengan kata lain, mereka tidak diproduksi dari komponen kelas industri dan mampu digunakan dengan frekusensi pekerjaan yang tinggi. Agar tidak salah pilih, sebelum menentukan perangkat keras yang dipilih, tidak ada salahnya Anda meminta spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan Sistem POS Anda. Mulai dari Spesifikasi PC/ Laptop, Printer, Jenis kabel LAN, Ukuran kertas printer dll. Mengumpulkan pemahaman tentang semua kebutuhan minimal yang dibutuhkan Sistem POS.

  • Internet. Jika Anda menggunakan Sistem POS Berbasis Cloud, maka koneksi Internet adalah “nyawa” dari semuanya. Tanpa ada Listrik, kabel yang berantakan atau hardware yang salah tidak akan banyak berpengaruh jika dibandingkan dengan tidak ada koneksi Internet. Tanpa koneksi Internet maka meskipun listrik menyala dan perangkat keras yang Anda gunakan kualitas terbaik maka Sistem POS tetap tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, pilihlah vendor Internet yang terbaik di lokasi toko Anda dan jangan lupa menyiapkan 1 backup line Internet sebagai cadangan jika koneksi utama sedang tidak bersahabat.

turboly.com