Seluk Beluk Sistem POS Yang Harus Diketahui

Point of Sale (POS) System merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mempermudah transaksi penjualan yang dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis industry perdagangan baik itu retail barang dan jasa maupun Industri Food & Beverages (F&B) seperti café atau restaurant. Sistem POS ini dibuat untuk menggantikan Sistem Kasir konvensional y

Sistem POS memiliki 2 modul utama yaitu kasir penjualan dan persediaan, keduanya sudah mencakup kebutuhan laporan dan administrasi. Modul kasir kasir penjualan berfungsi untuk mencatat penjualan barang dan jaga. Sedangkan modul persediaan lebih berfungsi kepada kebutuhan untuk mencatat pergerakan persediaan barang yang masuk dan keluar.

Agar Sistem POS dapat berjalan secara maksimal dibutuhkan berbagai macam software & hardware pendukung, yang harus dimiliki oleh para retailer. Berikut Macam-macam Hardware dan Software Pendukung

Software :

Software POS

Software POS nyawa dari Sistem POS. Karena semua proses pencatatan dimulai dari Software POS ini. Untuk menentukan Software POS seperti apa yang ingin digunakan? Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Banyak pilihan Software POS mulai yang sudah jadi hingga yang dapat di”custom” sesuai dengan kebutuhan. Investasi biayanya pun beragam, mulai dari yang ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah bahkan saat ini dengan berkembangnya teknologi cloud, banyak penyedia Software POS menawarkan dalam bentuk sewa bulanan.

Hardware :

Komputer/ Laptop/ Terminal POS

Fungsi computer adalah sebagai alat untuk pencatatan ke software POS. Berbagai macam Software POS memiliki spesifikasi kebutuhan hardware yang berbeda terutama segi spesifikasi PC/ Laptop yang digunakan mulai dari segi kecepatan atau kapasitas penyimpanan.

Printer Struk

Printer Struk berfungsi untuk mencetak tanda terima transaksi yang diberikan kepada konsumen sebagai bukti pembelian konsumen. Pastikan untuk mempunyai printer yang mendukung volume cetak dan mudah digunakan.

Cash Drawer

Cash Drawer merupakan komponen yang paling sederhana tetapi merupakan tempat paling nyaman untuk menyimpan uang tunai, cek dan penerimaan kartu kredit sepanjang penjualan. Cash drawer biasanya terhubung ke printer dan secara otomatis terbuka jika proses transaksi pembayaran selesai.

Barcode Scanner

Keperluan alat satu ini diseuaikan dengan tingkat frekuensi transaksi. Jika transaksi di Toko tidak terlalu banyak dan tidak membutuhkan waktu pelayanan yang cepat maka alat ini bisa diabaikan. Namun jika toko Anda memiliki tingkat frekuensi transaksi yang tinggi dan pelayanan yang cepat Barcode Scanner adalah WAJIB untuk memudahkan kasir dalam posting transaksi di Software POS.

Electronic Data Capture (EDC)

Alat ini digunakan untuk pembayaran yang berbasis kartu kredit atau debit dan setiap Sistem POS membutuhkan sarana untuk dapat membaca dan memproses kartu tersebut. Kemampuan EDC ini tergantung pada perangkat lunak yang digunakan, tidak semus Software POS

www.turboly.com