Sistem ERP Juga Wajib Bagi UMKM

image

Sistem ERP selalu dianggap hanya diperlukan oleh perusahaan menengah-besar. Padahal, perusahaan yang masih masuk kategori UMKM pun sebenarnya membutuhkan Sistem ERP dan banyak pengusaha UMKM mulai berminat dengan Sistem ERP selama harganya terjangkau dan tidak terlalu membebani operasional mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir dengan mulai berkembangnya internet dan teknologi cloud mulai banyak vendor teknologi menyediakan Sistem ERP yang sederhana yang ditujukan untuk UMKM. Tentu saja, dengan harga yang cukup bersahabat dan bisa dibayarkan secara bulanan / sewa namun fungsinya maksimal mulai dari POS, Persediaan, Gudang, hingga ke Keuangan dan Akuntansi

Untuk perusahaan UMKM akan lebih baik jika sejak awal berdiri sudah menerapkan Sistem ERP, terutama bagi perusahaan retail yang ingin “tancap gas” dengan membuka banyak cabang di berbagai lokasi. Dengan Sistem ERP setiap penjualan yang terjadi POSakan otomatis masuk ke back office, secara keseluruhan penerapan ERP ini memberi sejumlah manfaat, antara lain laporan ke pemilik lebih cepat sehingga mereka bisa memonitornya operasional dan penjualan sehari-hari, serta laporan lebih akurat karena meminimalkan manual report.

Manfaat yang implementasi Sistem ERP Bagi UMKM :

  • Laporan Sales & Persediaan Secara Realtime
  • Menghasilkan Laporan Keuangan
  • Data Historis Tersimpan dan dapat di telusuri
  • Meminimalkan manual report, sehingga laporan lebih aktual dan valid
  • Dapat terintegrasi dengan Online Store/ Marketplace
  • Masa Implementasi yang singkat.

Kesimpulannya, melalui dengan menggunakan Sistem ERP ini akan sangat membantu operasional usahanya dan secara langsung akan mengetahui pertumbuhan usahanya dari laporan-laporan yang dihasilkan. Dengan yang terjangkau manfaat Sistem ERP ini sangat besar, jadi bagi Anda para pengusaha UMKM yakinlah bahwa Sistem ERP merupakan suatu investasi yang baik bukan beban perusahaan.

turboly.com