Sistem POS Bukan Hanya Untuk Restaurant

image

Menghadapi kompetisi persaingan yang ketat khususnya di dunia retail, retailer dituntut harus cepat dalam mengambil keputusan dalam menentukan strategi bisnisnya, dalam hal harga, pemesanan barang, kapan waktunya membuka cabang baru, dsb. Sistem Point of Sale (POS) dapat menyederhanakan dan mempercepat banyak hal.

Sistem POS? Iya sistem POS bukan hanya untuk kebutuhan usaha F&B seperti café, restaurant saja. Namun lebih jauh lagi kini banyak solusi Sistem POS yang khusus diciptakan untuk industry retail. Bahkan jika dianalisa lebih jauh lagi, industry retail sangat memerlukan Sistem POS. Dengan berbagai kompleksifitas jenis penjualan dengan berbagai macam promo dan membership, Sistem POS Retail merupakan salah satu alat wajib yang harus dimiliki retailer.

Berikut adalah alasan mengapa Sistem POS sangat diperlukan di Industri Retail :

Mempercepat Layanan Kasir

Keuntungan paling mudah dilihat jika menggunakan Sistem POS ada proses pelayanan kasir akan menjadi lebih cepat dan elegan dibandingkan dengan kasir manual. Selain itu juga dapat meminimalisir kesalahan user dalam penginputan harga.

Mengelola Penjualan

Diskon, promo, membership adalah tulang punggung usaha retail. Dengan memanfaatkan Sistem POS para retailer akan dengan mudah mengelola penjualan mereka, berbagai jenis diskon dan promo akan dengan mudah disetup di Sistem POS, apalagi jika menggunakan Sistem POS berbasis cloud berapapun cabang yang anda miliki, anda dapat menetukan diskon dan promo dari mana saja, cukup mudah bukan?

Manajemen Stock

Penjualan tidak akan berhasil tanpa pengelolaan persediaan yang baik. Sistem POS Retail akan membantu Anda dalam mengelola persediaan, secara real-time jumlah persediaan di toko/ Gudang akan diketahui, Sistem POS akan memberitahukan kapan waktunya order barang, dimana lokasi rak, dll.

Real Time Reporting

Banyak menganggap mengelola laporan usaha retail itu sangat sederhana, padahal kenyataannya tidak. Mengelola laporan usaha retail sangat komplek dan dibutuhkan ketelitian. Dengan menggunakan Sistem Pos Retail, laporan penjualan dan analisa penjualan bisa cepat tersaji. Laporan ini yang nantinya akan Anda gunakan untuk bahan evaluasi bisnis dan mengetahui dengan pasti tren/kebutuhan pasar. Jangan sampai Anda menjual barang yang tidak dibutuhkan oleh pelanggan Anda.

turboly.com