Strategi Diskon Untuk Meningkatkan Penjualan

image

Salah satu cara yang paling umum untuk mendongkrak penjualan adalah dengan memberikan diskon. Permasalahan akan timbul jika dilakukan tanpa persiapan dan perhitungan yang matang, diskon yang Anda berikan dapat berujung kerugian.

Kelebihan dan Kekurang Potongan Harga

Ada banyak keuntungan dan kerugian yang datang akibat diskon yang Anda berikan. Pahami dan coba atur strategi dalam penerapannya.

1. Kelebihan Strategi Potongan Harga

Meningkatkan Citra Positif Dimata Pelanggan

Satu keuntungannya adalah potongan harga membuat pelanggan merasa “senang”. Penelitian menunjukkan ketika seseorang menerima sebuah kupon atau diskon, mereka menjadi lebih senang dan rileks. Itu bisa jadi menguntungkan dalam jangka panjang jika perasaan senang tersebut dapat diasosiasikan dengan produk/ jasa Anda.

Mengalahkan Kompetitor

Diskon juga membuat produk/ jasa Anda tidak dibanding-bandingkan denga merek lain, berdasarkan penelitian. Ini bisa membantu pelanggan baru memilih produkmu dibandingkan competitor.

2. Kekurangan dari Strategi Diskon

Diskon Bisa Mengurangi Nilai Yang Ingin Dicapai

Masih ada beberapa kerugian dari diskon. Salah satunya pelanggan akan mengira produk yang Anda jual berkualitas rendah. Sebagian kecil pelanggan yang ada yang merasa puas dengan membayar harga normal dibandinkan dengan harga diskon. Karena mereka membeli pengalaman dan dan biasanya pelanggan tipe seperti ini memiliki ekepektasi tinggi.

Resiko Kehilangan Keuntungan dari Margin yang Lebih Kecil

Ada kemungkinan penjualan berahkir tanpa keuntungan saat menawarkan diskon. Misalnya suatu produk/ jasa yang Anda jual memiliki margin yang kecil, ketika Anda memberikan kebijakan diskon, maka peluang Anda kehilangan margin akan cukup besar.

Karena tantangan ini, penting untuk mengetahui tujuan utama dari diskon yang ingin diberikan. Tentukan Tujuanmu Memberikan Diskon, Sebelum memilih stratergi diskon, pastikan kamu memiliki tujuan utama. Tujuanmu akan menentukan jenis diskon yang kamu tawarkan, bagaimana kamu memasarkannya, dan pelanggan mana yang harus kamu sasar.

Berikut adalah beberapa tujuan yang ingin dicapai:

  • Mendapatkan Pelanggan Baru - Kamu menawarkan diskon karena ingin pelanggan baru tertarik pada produkmu.
  • Meningkatkan Penjualan - Tujuanmu adalah untuk menjual lebih banyak unit atau jasa, tanpa memperhatikan jumlah pelanggan yang membeli. Ini bisa jadi kamu ingin meningkatkan volume penjualan, paketkan produk dengan yang lainya dan buat pelanggan membeli sebanyak mungkin.
  • Mendapatkan Kostumer Setia - Tidak seperti mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan setia membutuhkan pola pikir yang berbeda. Kamu menggunakan diskon untuk mendorong loyalitas pada merek ketimbang membuat orang mencobs produkmu.
  • Menghabiskan Stok Lama - Terkadang, kamu perlu mengadakan diskon hanya untuk membersihkan inventori. Mungkin kamj perlu membuat ruangan untuk produk baru, memperbaharui lini produk, atau fokus untuk meningkstkan performa produk. Berbeda dengan tujuan meningkatkan penjualan, margin tidaklah penting di sini. Apa yang penting adalaj seberapa cepat kamu menghabiskan produk yang jika tidak, maka tidak akan laku.

Salah satu factor yang penting dalam kunci sukses penentuan diskon adalah dengan menggunakan POS Software Online. Dengan menggunakan POS Software Online diskon yang Anda buat akan tepat ke sasaran dan mengurangi kesalahan user dalam melakukan input. Jadi, mulai saat ini mulailah tentukan tujuan Anda ketika memberikan diskon.

turboly.com