3 Cara untuk Meningkatkan Omset Usaha Servis Bengkel

image

Usaha servis bengkel motor dapat ditemui dimanapun. Banyaknya pengusaha mulai melirik jenis usaha ini yang membuat persaingan harga menjadi lebih ketat. Dampaknya, keuntungan usaha bengkel pun semakin menipis. Keuntungan yang tipis menyebabkan usaha pun semakin tersendat. Untung yang diperoleh habis hanya untuk membayar pegawai serta biaya operasional usaha.

Omset dan margin sangat penting karena terkait dengan kelangsungan hidup dari bisnis Anda. Dengan omset dan margin yang bagus secara otomatis akan membuat aliran kas menjadi sehat dan Anda lebih leluasa berinvestasi untuk perkembangan usaha.

Berikut adalah tips untuk meningkatkan omset penjualan di bengkel Anda :

Berikan kualitas yang terbaik

Kualitas adalah hal utama. Untuk usaha servis bengkel spareparts kendaraan yang Anda jual pasti sama dengan yang competitor Anda jual. Jadi, karena usaha jasa Anda perlu memperhatikan kinerja para pegawai serta kondisi dari peralatan yang digunakan. Pastikan para pegawai melayani pelanggan dengan ramah. Periksa bahwa peralatan yang Anda miliki masih memadai dan bisa memberikan kualitas yang maksimal untuk pelanggan. Pelanggan adalah sumber dari keuntungan Anda, jadi jangan sampai ditelantarkan.

Ajak Pelanggan Mempromosikan

Servis motor merupakan kegiatan yang membosankan bagi sebagian orang, karena durasi pengerjaannya yang cukup lama membutuhkan waktu yang cukup lama dan kecenderungan pelanggan yang selalu update di social media dapat Anda manfaatkan. Jadi, sediakan ruang tunggu yang nyaman, dan menarik serta instagramable. Berikan penawaran menarik contohnya jika pelanggan melakukan posting di Instragram akan mendapatkan diskon 5%, dsb. Hal merupakan media promosi gratis yang bisa diperoleh. Peluang calon pelanggan baru pun akan bertambah banyak.

Sediakan Jasa Home Service

Model usaha ini adalah usaha servis yang menjangkau konsumen yang “malas” bergerak. Ingin selalu di rumah namun kendaraannya dapat tetap diservice. Layanan ini akan memungkinkan Anda meraih pelanggan yang tidak bisa datang ketempat servis bengkel. Untuk billing jenis jasa ini gunakanlah Sistem Point of Sales Mobile Web untuk memudahkan mencatat penjualan ketika home delivery service. Entah karena mereka sibuk, atau karena hal yang lainnya. Servis seperti ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan banyak mendapatkan kemudahan dari jasa ini. Omset yang didapat pun juga ikut meningkat. Gunakan Sistem Point of Sales

turboly.com