4 Pertimbangan Memilih Sistem ERP Untuk Perusahaan Anda

image

Berikut adalah 4 Pertimbangan Memilih Sistem ERP Untuk Perusahaan Anda :

Kebutuhan

Tentukan kebutuhan dan tujuan perusahaan sebelum menggunakan Sistem ERP. Pastikan semua kebutuhan dan tujuan Anda dapat terpenuhi di Sistem ERP yang akan digunakan. Pastikan minimal 80% kebutuhan Anda sudah dapat terpenuhi, karena perlu diingat tidak ada Sistem ERP yang dapat memenuhi 100% kebutuhan Anda, diperlukan sedikit penyesuaian dari kedua pihak. User & vendor ERP

Permasalahan & Kekuatiran

Implementasi Sistem ERP di suatu perusahaan memiliki tujuan utama mengatasi permasalahan yang terjadi. Jangan sampai karena pemilihan Sistem ERP yang saah menyebabkan menimbulkan permasalahan baru. Kepercayaan kepada vendor Sistem ERP menjadi salah satu kunci keberhasilan implementasi Sistem ERP di suatu perusahaan. Kesalahan masih mungkin terjadi, maka dari itu testing dan uji coba sangat diperlukan untuk menghilangkan keuatiran yang pasti muncul. Jangan paksakan Sistem ERP berjalan tanpa testig dan ujicoba yang cukup di tim internal perusahaan.

Biaya

Biaya menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan dan seringkali menggagalkan rencana implementasi Sistem ERP. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa biaya juga mempengaruhi kualitas Sistem ERP yang Anda pilih, semakin lengkap fitur dan fungsi Sistem ERP yang Anda pilih semakin tinggi juga biaya investasinya. Namun saat ini sudah mulai banyak pilihan Sistem ERP berbasis cloud dengan konsep sewa bulanan. Hal ini mungkin dapat menjadi solusi bagi Anda yang mengingkan Sistem ERP yang lengkap namun dengan biaya investasi yang ringan.

Kesiapan

Faktor kesiapan perusahaan mengimplementasikan Sistem ERP sangat diperlukan. Penting diperhatikan bahwa keberhasilan Implementasi Sistem ERP di suatu perusahaan memerlukan dukungan semua stakeholder. Hal inilah yang sering terjadi dilapangan, dimana antara manajemen dan staff kerap tidak berjalan beriringan, kerap terjadi manajemen suatu perusahaan tidak menganalisai kebutuhan staff di lapangan saat menentukan SIstem ERP dan hasilnya implementasi tidak berjalan dengan baik dan bahkan bisa menemui kegagalan.

Peran manajemen perusahaan dalam menentukan Sistem ERP yang digunakan sangatlah penting. Kuncinya implementasi Sistem ERP di perusahaan adalah pahami masalah di lapangan, tentukan kebutuhan dan selektif memilih vendor Sistem ERP. Jangan sampai ingin melakukan efisiensi tetapi saat penerapan malah banyak kendala dan sistem tidak berfungsi dengan baik, sehingga merugikan proses bisnis perusahaan.