image

5 Tips Memulai Usaha Bengkel Motor

Tingginya pertumbuhan sepeda motor di Indonesia membuat peluang bisnis bengkel sepeda motor sangat menarik. Nah, berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha bengkel sepeda motor :

1. Lokasi Strategis

Lokasi menentukan prestasi. Untuk itu usahakan cari lokasi yang bagus dan dengan mudah di jangkau oleh pelanggan. Pilih lokasi di sekitar pemukiman atau di jalan yang ramai dilalui oleh calon pelanggan Anda.

2. Segmentasi

Sebelum memulai usaha bengkel motor, tentukan dulu segmen yang ingin Anda dapat. Apakah jenis bengkel service ringan/ light service atau jeni bengkel umum/ tune-up. Perbedaannya adalah jika jenis bengkel yang Anda buka adalah ligh service, hanya menyediakan dan melayani jasa-jasa ringan seperti ganti oli, ban, aki, dll dimana konsep bengkel jenis ini tidak akan melayani jasa servis besar. Jenis yang kedua adalah bengkel umum/ tune-up bengkel jenis ini melayani semua jasa servis mulai dari servis ringan hingga servis besar/ berat. Penentukan segmen ini selain berguna untuk penilaian investasi awal, juga strategi yang akan diterapkan bengkel motor Anda untuk mencapai visi dan misi.

3. Kompetitor

Hal yang perlu di perhatikan jika memulai usaha bengkel sepeda motor adalah tentang berapa banyak pesaing yang telah membuka usaha bengkel sepeda motor di daerah lokasi tersebut itulah yang disebut kompetitor Jadi Analisa competitor sangat penting ketika Anda ingin memulai usaha bengkel motor karena secara tidak langsung, Anda akan “berebut” pelanggan dengan mereka.

4. Tim Mekanik

Setelah menentukan point 1-3, maka hal yang penting berikutnya adalah mecari mekanik untuk bengkel Anda. Kualitas pekerjaan mekanik akan menetukan reputasi bengkel Anda di masa depan. Oleh karena itu pilihlah mekanik yang handal dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan Anda sebagai pemilik dan tentunya kepada konsumen.

5. Peralatan dan Perlengkapan kerja

Point ini adalah yang paling menentukan besarnya investasi Anda. Peralatan apa saja yang harus ada di bengkel Anda nantinya bergantung pada jenis segmen bengkel Anda. Lengkapi semua kebutuhan peralatan dan perlengkapan utama di bengkel Anda. Selain peralatan berat untuk bengkel ada satu hal yang Anda perlukan yaitu Sistem POS Bengkel dan Sistem Persediaan Barang. Mengapa penting? Karena seluruh data aktifitas bengkel Anda nantinya akan dapat dilihat dari sana. Berapa penjualan Anda, berapa stock persediaan Anda dan termasuk siapa pelanggan setia Anda. Sistem POS Bengkel menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan.

Jadi, mulailah dari sekarang!

www.turboly.com