Alasan Perusahaan Beralih ke ERP Dengan Cloud System

image

Sebagian besar perusahaan saat ini sudah memanfaatkan sistem ERP untuk menjalankan dan mengontrol semua aktivitas perusahaan. Dengan sistem yang tertata dengan rapi, diharapkan perusahaan bisa berkembang dengan cepat. Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi.

Keunggulan perusahaan menggunakan Sistem ERP adalah memberikan pandangan global, real-time akan data/informasi yang bisa dimanfaatkan secara proaktif untuk pengambilan keputusan dan mendorong perbaikan. Meningkatkan produktifitas dengan mengimplementasikan best practices yang ada di dalam sistem ERP. Mencegah adanya data yang hilang didalam sistem, serta redudansi data karena kesalahan pekerja.

Perkembangan teknologi saat ini, ERP sistem dapat berjalan dalam teknologi cloud computing. Cloud Computing merupakan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet Cloud yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tidak semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan cloud computing.

Tidak seperti ERP konvensional yang sistemnya harus diterapkan dalam sebuah server local/ on-premise, Sistem ERP berbasis Cloud lebih fleksibel karena kapasitas server dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dimasa depan dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan sistem ERP berbasis cloud memungkinkan melakukan integrasi secara global karena bisa diakses menggunakan perangkat seperti, smartphone, tablet, dan PC komputer selama dia memiliki Web Browser dan tentunya koneksi internet. Hal ini akan menghilangkan berbagai banyak hambatan karena dengan teknologi cloud semua dapat dengan mudah diintegrasikan.

Salah satu manfaat yang dirasakan oleh perusahaan adalah membantu melancarkan pelaksanaan manajemen persediaan yang berfungsi untuk membantu menjaga persediaan/stok agar tetap ada dan sesuai dengan penjualan. Dengan Sistem ERP berbaisis cloud yang terintegrasi di dalam perusahaan, akan membantu proses pengumpulan data secara realtime, sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.

Sistem ERP berbasis cloud memiliki tempat penyimpanan yang lebih aman dan efisien. Dengan resiko kehilangan data yang cukup minimal. Sistem ERP dapat mengakses data yang dibutuhkan dari mana pun dan data yang diminta akan diakses dalam waktu singkat.

turboly.com