image

Apakah Sistem ERP Perlu Diupgrade?

Pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang sulit dijawab oleh para pengguna Sistem ERP. Meskipun vendor penyedia Sistem ERP sering mengeluarkan release versi terbaru, terkadang para pengguna Sistem ERP enggan melakukan upgrade karena berbagai alasan. Jawaban sederhana mengapa pengguna enggan melakukan upgrade Sistem ERP mereka adalah mereka menganggap Sistem ERP yang digunakaan saat ini sudah memenuhi kebutuhan mereka dan timbul kekuatiran jika dilakukan upgrade akan menimbulkan masalah baru, selain itu juga ada kekuatiran mengenai biaya jika melakukan upgrade Sistem ERP harus disertai dengan upgrade hardware yang dimiliki dan hal yang sering ditanyakan oleh para pengguna adalah apakah upgrade Sistem ERP dibebankan biaya tambahan?

Sebelum menentukan dan mengambil keputusan meng-upgrade Sistem ERP Anda. Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab. Dari jawaban yang Anda berikan, baru dapat disimpulkan apakah Sistem ERP yang Anda gunakan perlu di upgrade atau tidak.

Apakah Sistem ERP yang dipakai saat ini sudah sesuai dengan keinginan kita ?

Seperti yang dijelaskan diatas, sebelum Anda memutuskan melakuan upgrade versi Sistem ERP. Anda wajib mengetahui apakah Sistem ERP yang Anda gunakan saat ini masih dapat mendukung operasional perusahaan? Atau seiring dengan pertumbuhan perusahaan Anda kebutuhan modul dan fitur sudah semakin beragam?

Apakah dengan release atau patch saat ini masih disupport vendor ?

Sebelum Anda memutuskan upgrade versi Sistem ERP Anda, coba komunikasikan ke vendor ERP yang Anda gunakan saat ini, apakah Versi Sistem ERP Anda masih mendapatkan dukungan support oleh Vendor?

Apakah kita perlu melakukan improvement bisnis maupun teknis seperti yang ditawarkan direlease terbaru ?

Pastikan ke Vendor Sistem ERP Anda, apakah ada perubahan konsep atas Sistem ERP versi terbaru. Jika Anda memutuskan untuk melakukan upgrade versi, pastikan Anda mendapatkan refreshment training dan release note terbaru agar tim Anda tidak kebingungan setelah melakukan upgrade.

**Apakah ada budget untuk melakukan upgrade ?*

Point ini yang perlu Anda pastikan ke vendor Sistem ERP Anda. Apakah upgrade ini sifatnya free atau ada dibebankan biaya. Serta apakah hardware yang Anda gunakan saat ini masih mendukung Sistem ERP versi terbaru? Hal ini sangat penting, jangan sampai Anda mengeluarkan cost extra tanpa perhitungan yang matang.

Dengan menjawab pertanyaan diatas secara komprehensif maka kita dapat menyimpulkan apakah perlu diupgrade ?

www.turboly.com