Manfaat Sistem ERP Bagi Distributor

image

Sistem ERP sangat diperlukan untuk semua perusahaan, untuk memastikan segala proses operasional berjalan dengan baik dan lancer hingga menghasilkan suatu laporan yang akurat bagi semua stakeholder. Sistem ERP juga dapat diimplementasikan pada perusahaan perdagangan besar atau biasa disebut distributor.

Berikut beberapa manfaat Sistem ERP bagi perusahaan distributor diantaranya :

Meningkatkan visibilitas

Dapat melihat keseluruhan gambaran bisnis dalam perusahaan sangatlah penting. Namun bagi kebanyakan distributor hal ini sangatlah sulit untuk dilakukan. Dengan implementasi Sistem ERP, distributor bisa mendapatkan menfaat yang jelas dalam setiap proses yang dilakukan mulai dari penerimaan pesanan hingga penagihan. Sistem ERP akan meberikan gambaran lengkap dan memberikan visibilitas yang lebih baik tentang bagaimana perusahaan berjalan.

Meningkatkan Manajemen Persediaan

Proses kerja manual memang memiliki kelebihannya tersendiri, namun dewasa ini mulai timbul kesadaran akan sistem kerja yang efektif dan efisien yang membuat para pengusaha yang mulai beralih menggunakan software ERP dengan fitur otomatisasinya agar dapat menyederhanakan proses manajemen gudang mereka. Dengan kemampuan Sistem ERP menjadikan proses manajemen gudang dan memungkinkan untuk melakukan pelacakan dan mengelola inventory secara realtime.

Perencanaan Pembelian

Manfaat Sistem ERP adalah memiliki fitur untuk melakukan perencanaan pembelian berdasarkan target dan data historis penjualan. Mengetahui gambaran jelas tentang jumlah stock barang yang dibutuhkan sangatlah penting agar kita tetap dapat selalu memenuhi pesanan yang ada dan menghindari kelebihan pembelian yang dapat menimbulkan kerugian.

Laporan Akurat

Sistem ERP sangat berguna bagi Anda untuk bisa mendapatkan pelaporan yang lebih akurat. Hal ini tidak hanya berguna untuk pengambilan keputusan namun juga sangat berguna untuk mengumpulkan data ke dalam laporan yang akurat bahkan dapat dilihat secara real time.

Papperless

Software ERP dapat mendorong gerakan “go green” karena dengan sistem ERP semua dokumen dapat dicetak secara digital. Tanpa perlu di cetak hardcopy. Seperti contoh proses mebuatan Stock Requisition/ Stock Order hingga ke Purchase Order dpat dilakukan secara digital.

Dengan software ERP perusahaan perdagangan distributor dapat memperoleh keunggulan dan manfaat yang besar sehingga dapat membantu pertumbuhan perusahaan dengan sempurna.

turboly.com