Mengontrol Penjualan Dengan Sistem ERP

image

Kemajuan teknologi informasi bergerak begitu cepat. Agar tidak ketinggalan, pelaku usaha juga harus mengikutinya. Untuk memudahkan kontrol penjualan dari hulu sampai hilir, perusahaan distributor perlu memanfaatkan SIstem ERP untuk mengontrol dan mendorong penjualan mereka. Sistem ERP merupakan sistem yang terintegrasi mulai dari Sales, CRM, Persediaan, Pembelian & Gudang hingga ke Keuangan dan Akuntansi. Sistem ERP akan menghubungkan setiap bagian perusahaan dari hulu hingga hilir.

Sistem ERP yang berbasis cloud saat ini cukup diminati, selain biaya investasi yang ringan, dengan memanfaatkan Sistem ERP berbasis cloud cukup fleksibel digunakan dengan berbagai macam gadget yang kita gunakan sehari-hari. Misalnya pembelian barang dari distributor ke pabrik, bisa dilakukan lewat gadget (handphone, tablet, dsb). Hal Ini sangat memudahkan proses transaksi. Dan juga dengan Sistem ERP berbasis cloud antar Sistem Distributor dan pabrik sangat mungkin untuk diintegrasikan, jadi proses pemesanan barang akan lebih simple dan efisien. Konsep yang sama dengan memanfaatkan Sistem ERP juga dapat dilakukan dengan integrasi antara distributor dengan retailer.

Dengan menggunakan sistem ERP akan merubah cara kerja distributor dari cara manual ketika mengontrol penjualan. Contoh implementasinya, pihak distributor dapat mengambil data dari retailer mulai dari Data penjualan, persediaan hingga data top product. Data tersebut dapat diolah pihak pembuatan laporan Analisa apakah retailer tersebut benar-benar produktif atau tidak, dan distributor dapat membantu retailer mendorong penjualan mereka.

Dengan konsep tersebut, maka akan memotong rantai birokrasi yang Panjang. Hasilnya kinerja pabrik, distributor ldan retailer akan lebih efisien. Karena ada kecepatan untuk memperoleh data. Dengan memanfaatkan sistem ERP hasilnya tidak akan dinikmati oleh satu pihak saja, melainkan keseluruhan baik pabrik sebagai produsen, distributor dan retailer.

turboly.com