Penggunaan Sistem ERP Optimalkan Roda Bisnis Perusahaan

image

Semakin berkembangnya UKM di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini memperlihatkan masih besarnya potensi bisnis yang ada Indonesia. Setiap perusahaan baik kelas menengah maupun yang baru memulai terus berpacu untuk dapat menjalankan dan mengoptimalkan roda bisnis mereka.

Saat ini tercatat lebih 58,97 juta pelaku UKM yang ada di Indonesia dan setiap UKM tersebut harus dapat melakukan pengambilan keputusan yang tepat untuk pengembangan bisnis mereka di masa yang akan datang. Setiap elemen yang ada di perusahaan saat ini seperti: penjualan, operasional, logistik, persediaan, keuangan, akuntansi, pembelian, produksi harus dapat saling terhubung dan terintegrasi sehingga proses bisnis perusahaan tersebut dapat berjalan secara optimal.

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Saat ini perusahaan memperhitungkan Sistem ERP sebagai bagian penting dari suatu perusahaan. Sistem ERP mengintegrasikan berbagai sistem informasi di dalam perusahaan. Sistem ERP mampu menyediakan informasi secara real-time tentang proses utama bisnis perusahaan seperti penjualan, produksi, pembelian barang, dan manajemen persediaan. Sistem ERP membantu perusahaan memantau sumber daya perusahaan seperti kas, persediaan, hutang piutang hingga sumber daya manusia. Sistem ERP dipergunakan untuk mengelola status komitmen bisnis yang dibuat misalnya customer order/ sales order, purchase order. Dengan Sistem ERP data dapat di-input ke dalam sistem dari berbagai bagian dan akan mengelola data tersebut untuk selanjutnya dimanfaatkan oleh berbagai proses bisnis lainnya.

Pada awalnya Sistem ERP berfokus pada fungsi back-office misalnya seperti akuntasi dan keuangan, pembelian dan gudang dan penggajian. Baru kemudian mulai berkembang dan fungsi front-office juga dimasukan ke dalam ERP seperti Sales, CRM (Customer Relationship Management) dan SRM (Supplier Relationship Management). Perkembangan internet dan cloud turut mempunyai andil dalam perkembangan Sistem ERP dan dengan menggunakan Sistem ERP berbasis cloud memungkinkan perusahaan melakukan berbagai ragam integrasi dengan pihak ketiga untuk lebih memaksimalkan proses bisnis. Dengan manfaat dan fungsi seperti itu maka Sistem ERP dapat menjadi satu solusi lengkap untuk menjawab kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi bagi perusahaan. Pada intinya Sistem ERP menolong perusahaan untuk bekerja lebih efisien dengan meminimumkan (atau bahkan menghilangkan) rintangan arus informasi antar unit kerja.

turboly.com