Sistem ERP Untuk Mengontrol Budget Perusahaan

image

Banyak perusahaan-perusahaan baik yang kecil hingga besar yang telah menerapkan sistem ERP pada perusahaannya demi mendukung proses bisnisnya agar perusahaan tersebut bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, dengan adanya penerapan sistem ERP ini diharapkan akan menjadi nilai tambah untuk menjaga mata rantai perusahaan tetap berputar dalam menghadapi persaingan secara global. Sehingga nantinya dengan penerapan sistem ERP ini pada perusahaan nantinya dapat memberikan data dan informasi yang akurat untuk digunakan dalam setiap pengambilan keputusan bisnis.

Sistem ERP adalah sebuah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasikan proses bisnis yang bersangkutan. Saat ini sudah banyak penyedia sistem aplikasi terintegrasi atau Sistem ERP yang berusaha menawarkan solusi bisnis yang dapat diandalkan mampu menghasilkan best practice bagi penggunanya.

Secara teknis, Sistem ERP ini memiliki fungsi sebagai penghubung informasi antar bagian di perusahaan. Dengan sistem yang saling terhubung ini, maka masing-masing bagian tersebut dapat saling berbagi data dan informasi yang nantinya akan meningkatkan proses bisnis yang efisien.

Sistem ERP ini memiliki modul-modul yang terpisah namun saling terhubung dan hasilnya akan membantu perusahaan menjalankan bisnisnya. Garis besar Sistem ERP ini terbagi atas SIstem operasional yang meliputi penjualan, persediaan, pembelian dan gudang sebagai modul utama dan modul keuangan dan akuntansi serta sumber daya manusia sebagai modul pendukung.

Modul keuangan dan akuntansi pada sistem ERP ini akan menyediakan berbagai fungsi untuk menjalankan fungsi manajemen keuangan dan dukungan analisis bagi berbagai unit usaha. Biasanya modul keuangan dan akuntansi ini memiliki fitur :

  • Income Audit
  • Account Receivable
  • Account Payable
  • Cost Control
  • Treasury
  • Enterprice Controlling

Dari berbagai serangkaian fitur Sistem ERP yang menjalankan fungsi manajemen keuangan ini terdapat salah satu sistem yang berfungsi untuk melaksanakan kontrol anggaran pada perusahaan. Yaitu adalah sistem Enterprice Controling, yang berfungsi untuk memberikan akses untuk perusahaan dalam mengontrol keuangan pada bisnisnya seperti; kondisi keuangan perusahaan, hasil dari perencanaan pengendalian perusahaan, investasi, maintenance aset perusahaan.