5 Cara Menjaga Toko Selama Liburan

image

Keamanan toko harus menjadi prioritas, namun selama musim liburan perlu dipersiapkan lebih detail dan persiapan yang matang. Adanya diskon dan promo pada musim liburan akan mengundang banyak pelanggan datang ke toko Anda. Selain penjualan, pencurian juga kerap hadir di musim liburan. Anda perlu memiliki rencana-rencana pengendalian. Memang mungkin tidak semuanya tepat, namun paling tidak dapat meminimalisir peluang kerugian yang mungkin terjadi. Berikut adalah 5 cara pengendalian untuk menjaga toko tetap aman selama musim liburan :

1. Design Tata Ruang dan Dekorasi

Masuk ke musim liburan, periksa kembali design tata ruang dan dekorasi yang akan diterapkan di toko. Selain dari segi estetika, perlu dipersiapkan dekorasi yang baik agar tidak menimbulkan celah pencurian atau kecelakaan bagi pelanggan. Ketika banyak orang datang dan berkerumun akan memerlukan “jalan” yang lebih luas agar pelanggan lebih merasa nyaman dan aman. Juga demikian dengan dekorasi, susun barang dengan baik agar terlihat menarik, dan jika ada dekorasi menggunakan lampu, dsb maka pastikan tidak ada kabel yang “keluar” selain tidak sedap dipandang, juga akan membahayakan pelanggan.

2. Buatlah Manajemen Alur Pelanggan

Buat rencana manajemen alur pelanggan. Mulai petakan toko Anda, buatlah satu jalur khusus untuk masuk dan keluar. Siapkan informasi lokasi produk agar pelanggan tahu kemana tujuannya dan tidak berkerumun yang dapat menimbulkan “kemacetan”. Dan ingat, selalu membuat jalur untuk evakuasi darurat.

3. Siapkan Peralatan Keamanan

Berbicara tentang peralatan keamanan, cek kembali apakah peralatan keamanan sudah siap di toko Anda secara memadai. Jika belum, mulailah berinvestasi untuk peralatan kemanan seperti cermin dinding, CCTV, atau kunci rak, dll

4. Buat karyawan Anda senang

Ingin meningkatkan pengendalian internal? Cara yang mudah adalah membuat karyawan Anda senang dan gembira bekerja Bersama Anda. Bekali mereka dengan pengetahuan yang baik, jangan ragu untuk berinvestasi untuk meningkatkan kemampuan mereka dengan training. Dan akhirnya, berikan insentif, hal tergantung pada skala usaha dan anggaran Anda. Jika karyawan bekerja dengan gembira, maka niat-niat yang tidak baik akan berkurang atau bahkan dapat menghilang.

5. Pastikan Sistem ERP Retail Anda Up-to-Date

Pastikan kepada vendor sistem ERP Retail Anda bahwa sistem yang digunakan di toko Anda merupakan versi terbaru. Mulai dari Sistem POS, Inventory hingga ke modul Accounting semuanya memiliki versi paling baru. Mengapa demikian? Karena pada musim liburan jumlah pengunjung akan meningkat dan transaksi pun akan meningkat juga, jika tidak didukung dengan Sistem ERP yang mumpuni akan sangat mengganggu operasional toko Anda.

turboly.com