5 Hal Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Sepanjang Musim Liburan

image

Tidak semua pengusaha pengusaha kecil menyukai musim liburan. Mengapa demikian? Ya, banyak yang beranggapan bahwa liburan adalah suatu hal yang mahal. Karena ketika musim liburan terkadang mereka harus menutup usaha mereka, yang artinya akan banyak potensi kehilangan pendapatan atau juga jika toko tetap dibuka maka sudah kewajiban untuk memberikan uang “lembur” bagi karyawan yang tetap masuk bekerja selama liburan. Memang keduanya merupakan pilihan yang bagus, namun “mahal”.

Berikut adalah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika musim liburan bagi pemilik usaha kecil :

1. Jangan Mengirimkan Ucapan Hari Raya Lewat Email

Ketika Hari Raya datang kemungkinan kecil email ucapan dibaca seutuhnya. Semua orang tahu bahwa hal tersebut hanya “formalitas” yang gratis. Bagi anda pemilik usaha retail baik kecil atau menengah tidak ada salahnya Anda mengirimkan bingkisan kecil kepada supplier / distributor yang memiliki hubungan baik dengan Anda. Cara ini memang “jadul” namun lebih baik untuk membangun dan meningkatkan hubungan antara kedua belah pihak.

2. Meriahkan Suasana Toko Anda

Toko adalah tempat yang membosankan, maka di momen Hari Raya baik itu Idul Fitri /Natal adalah waktu yang tepat untuk membuat suasana lebih meriah. Hiasi beberapa bagian dengan ornament Natal saat menjelang Natal atau buatlah acara berbuka puasa atau beribadah Bersama saat bulan puasa. Hal – hal tersebut adalah waktu yang tepat untuk membuat para karyawan lebih bersemangat dalam bekerja menjelang Hari Raya.

3. Jika Memungkinkan, Tutuplah Usaha Anda Selama Hari Raya

Bagi Anda pemilik usaha distributor mungkin akan menutup usaha Anda selama Hari Raya, namun belum tentu demikian bagi pemilik usaha retail. Cobalah untuk menutup usaha Anda lebih lama, berilah waktu yang bagi Anda sendiri dan karyawan untuk beristirahat dari pekerjaan. Gunakan waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Nikmati ketenangan dan tanpa disadari hal ini dapat meningkatkan produktifitas karyawan Anda setelah kembali beraktifitas.

4. Berbagi

Berbagi terhadap sesama dapat dilakukan kapan saja, Hari Raya hanya salah satu momen yang tepat untuk berbagi, apapun Hari Raya-nya. Berbagi dapat ke karyawan, pelanggan, distributor ataupun orang-orang disekitar lingkungan tempat usaha Anda. Gunakan momen Hari Raya untuk mengucapkan terima kasih.

turboly.com