Baca Ini Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

image

Adalah hal yang normal dalam sebuah bisnis pemilik menginginkan untuk melakukan ekspansi bisnis untuk memperbesar skala bisnis dan tujuan utamanya adalah meningkatkan pendapatan. Melakukan ekspansi bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya membuka dan menambah cabang baru, menambah variasi produk, dan lainnya.

Kegiatan ekspansi bisnis bukanlah hal yang mudah. Ada aspek yang perlu diperhatikan dan wajib memiliki perencanaan yang matang dan tepat. Berikut adalah tahapan-tahapan untuk menjalankan ekspansi bisnis :

1. Perencanaan yang Matang

Hal utama dan pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan ekspansi bisnis adalah dengan membuat perencanaan sematang dan sedetail mungkin. Perhatikan kondisi bisnis yang berjalan saat ini, coba review apakah sudah pantas dan siap untuk dikembangkan? Review penjualan dalam beberapa waktu terakhir. Cek statistic konsumen, berdasarkan segmen atau demografinya jika ingin membuka cabang baru. Terakhir, apakah Sistem ERP Anda sudah memenuhi syarat untuk mempermudah control ketika ekspansi dilakukan.

Setelah hal diatas diketahui, saatnya untuk membangun perencanaan yang matang. Mula-mula Anda membutuhkan target spesifik mengenai hal apa yang ingin dicapai, selain tingkat penjualan produk. Buat rencana perkembangan bisnis yang akan dilakukan dalam jangka waktu terdekat. Siapkan rencana yang dapat dilakukan, misalnya penambahan produk, layanan baru, memperluas target pasar, membuka toko baru, dan lainnya.

Ekspansi bisnis akan lebih mudah jika bisnis utama memiliki pondasi yang kuat, jadi pastikan bisnis utama memiliki segala syarat untuk menjadi tumpuan ketiks eskapansi dilakukan.

2. Siapkan Model Bisnis Baru

Saat melakukan ekspansi bisnis, ada baiknya jika diikuti dengan menerapkan model bisnis baru. Siapkan Standard Operating Procedure (SOP) yang baru Untuk itu, pentingnya menentukan model bisnis baru yang dapat membantu dalam penentuan standar ataupun metode yang tepat yang digunakan dalam kegiatan bisnis. Jika target konsumen dan produk sudah ditentukan, temukan metode dan strategi untuk memcapai target.

3. Siapkan Modal

Iya, modal untuk ekspansi bisnis harus disiapkan sesuai dengan rencana dan model bisnis yang ingin dikembangkan. Modal diperlukan untuk investasi tempat, persediaan dan peralatan baru untuk bisnis yang baru dan penggajian karyawan. Inilah mengapa pada point pertama disampaikan bahwa bisnis utama harus memiliki pondasi yang kuat, agar dapat menopang permodalan ketika ekspansi dilakukan. Jangan sampai menggangu cash flow dari perusahaan.

Pada intinya ketika memutuskan melakukan ekspansi bisnis adalah : JANGAN GEGABAH

Melakukan ekspansi bisnis memiliki risiko yang cukup besar sehingga benar-benar dibutuhkan perencanaan yang matang. Jangan melakukannya dengan gegabah ataupun karena hanya sekedar gengsi. Jika salah perencanaan, alih-alih akan sukses malah bisa menghancurkan bisnis utama Anda.

turboly.com