Manfaat Menerapkan Sistem ERP Berbasis Cloud di Perusahaan Distributor

Sistem ERP adalah sistem terintegerasi yang bertujuan menghubungan seluruh proses bisnis menjadi satu kesatuan agar proses berjalan secara efektif serta efisien. Namun konsep ERP takkan bisa berjalan dengan baik jika tak didukung dengan software maupun hardware yang memadai. Semua komponen ini mampu mendukung pengolahan data perusahaan menjadi lebih mudah.

Di zaman yang serba cepat karena adanya era internet ini, Sistem ERP juga mengalami perubahan dari yang dulu didesain pada lingkungan client-server saat ini berubah menjadi cloud server agar lebih mudah proses user melakukan input data dan kontrol. Teknologi ini disebut Cloud ERP yang bisa digunakan dengan mudah karena menggunakan web browser. Selama terkoneksi internet, pengguna bisa menggunakannya kapan saja.

Perusahaan distributor yang memiliki banyak cabang juga akan diuntungkan dengan adanya sistem ERP berbasis cloud ini. Tidak diperlukan lagi investasi server yang harus ada di masing-masing cabang karena internet bisa menjadi memudahkan akses dari jarak jauh.

Apa manfaatnya Cloud ERP bagi perusahaan distributor?

Dalam operasional perusahaan distributor akan banyak menghasilkan data karena operasi yang cukup padat. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem yang didukung oleh teknologi agar kegiatan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien :

1. Efisien

Apakah efisien? Iya, karena tidak perlu investasi server, lisensi software dan pemeliharaannya serta biaya listrik untuk ruang server. Serta tarif internet saat ini pun sudah cukup rendah dan di masa depan pun tarifnya akan terus menurun dan yang pasti kecepatannya pun semakin meningkat. Banyak pengamat menyampaikan bahwa Sistem ERP berbasis cloud akan dapat mengurangi biaya IT hampir mencapai 50%.

2. Cepat

Cukup koneksi internet untuk mengakses Sistem ERP berbasis cloud. Tak perlu lagi report untuk datang ke kantor disaat diperlukan atau menginstall aplikasi remote pihak ketiga. Jadi, tak perlu report lagi bagi sales team untuk mengetahui jumlah stock di Gudang atau koordinasi ke bagian pengiriman.

3. Mudah

Dengan menggunakan Sistem ERP berbasis Cloud, seluruh proses aktivitas bisnis dapat dilakukan melalui mobile. Dapat diakses dengan tablet,laptop bahkan handphone Anda. Input Sales Order dari customer, kirim tagihan/invoice atau cek stock di Gudang semua dapat Anda lakukan dari tangan Anda.

4. Lebih Aman

Aman, karena tidak ada resiko bencana alam. Virus? Vendor cloud sudah lebih pintar saat ini, mereka memiliki berbagai macam scenario untuk mengatasi ancaman dari virus. Dan tentunya backup yang lebih cepat dan real-time untuk memastikan data Anda selalu aman.

Hal diatas adalah manfaat yang didapatkan perusahaan distributor ketika menggunakan Sistem ERP berbasis cloud.

www.turboly.com