Yakin Software ERP Mahal?

image

Layaknya harga sebuah produk, harga Software ERP (Enterprise Resource Planning) bergantung kepada seberapa besar fungsi yang ingin digunakan oleh user. Selain itu, jenis teknologi, proses pembuatan Software ERP membutuhkan waktu, tenaga, keahlian dan pemahaman di bidang bisnis.

Riset & Pengembangan

25% dari waktu yang digunakan untuk ketika proses pengembangan Software ERP dihabiskan untuk riset. Tahap ini memang krusial karena juga menjadi dasar dari pembuatan dan implementasi ERP. Karena masing-masing fungsi dalam proses bisnis memiliki modul tersendiri dan terintegrasi antar bagian.

Contoh, ketika sejumlah barang datang di Gudang dan dilakukan proses penerimaan barang oleh bagian Gudang dan secara otomatis proses penerimaan barang tersebut akan terhubung ke bagian Finance & Accounting untuk mengurus proses pembayaran. Analisa proses bisnis yang dibutuhkan di sini terkadang membutuhkan seseorang yang ahli di bidangnya, agar software ERP yang dibuat sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Kapasitas Teknologi

Jenis teknologi yang digunakan akan menentukan harga sebuah produk Software ERP. Keamanan data, “keluwesan” database terhadap aplikasi dan kompleksitas fitur menjadi pertimbangan dalam tahap pengembangan sebuah Software ERP.

Implementasi

Implementasi Software ERP merupakan hal yang cukup rumit, lebih dari sekedar training dan go live namun juga didalamnya ada proses migrasi data, penyesuaian “mindset” user yang memerlukan kejelian dan keahlian khusus. Adanya perubahan dan penyesuaian fitur juga biasanya menambah biaya Software ERP.

Customer Success/ After-Sales Service

Memanfaatkan Software ERP merupakan menggunakan Jasa bukan produk. Hal ini yang sering tidak dipahami user. Seberapa hebat dan canggihnya Software ERP jika tidak didukung oleh tim customer success yang mumpuni pun hasilnya akan sia-sia. Masyarakat awam bisanya menyebutkan maintenance, bagi penyedian Software ERP biaya maintenance biasanya akan dibebankan secara periodik tahunan atau bulanan dengan garansi service 24/7.

Custom Development

Pada prakteknya Software ERP dapat diklasifikasikan menjadi 2 : Sistem jadi dan sistem kustomisasi. Sistem Kustomisasi akan memerlukan biaya yang lebih besar karena Software ERP akan dibuat spesifik sesuai dengan kebutuhan user dan bagi vendor Software ERP akan menetapkan biaya yang lebih tinggi karena Software ERP custom tidak dapat digunakan oleh klien mereka lainnya, selain itu effort pengerjaanya pun relative lebih panjang.

Melihat penjelasan diatas, sebenarnya Software ERP tidaklah mahal jika dibandingkan dengan manfaat yang akan didapatkan. Jadi, masih berfikir Software ERP itu mahal?

turboly.com