Pilih Mana Software ERP Jadi Atau Custom?

image

Seperti pada artikel sebelumnya. Jenis Software ERP pada prakteknya akan terbagi menjadi 2, yaitu Software ERP Jadi dan Software ERP Custom. Apa perbedaannya? Apa keuntungan dan kerugian keduannya? Mari kita lihat lebih lanjut.

Software ERP Jadi

Software ERP ini sudah dibuat di awal berdasarkan riset ke lapangan sehingga secara pasti vendor Software ERP sudah membuat berbagai macam paket produk berdasarkan bidang usaha, baik untuk UKM maupun perusahaan besar. Tentunya sebelum memilih Software ERP Jadi kita harus berkonsultasi kepada tim konsultan produk vendor secara detail hingga dapat menemukan solusi yang tepat. Karena jenis software ERP ini sudah dibuat diawal tanpa dimungkinkannya penyesuaian (tidak dapat dimodifikasi) namun hanya dimungkinkan upgrade fasilitas, layanan aftersales pun terjamin. Konsep Software ERP Jadi ini saat ini banyak diadopsi oleh para vendor Software ERP berbasis cloud (SaaS) dengan layanan bulanan.

Target user dari Software ERP Jadi ini merupakan perusahaan UKM yang sedang bertumbuh. Tapi dapat juga dimanfaatkan oleh jenis usaha lain misalnya Yayasan Nirlaba. Inilah mengapa Software ERP dengan model yang sudah jadi ini banyak menjadi incaran perusahaan dengan pertimbangan simple, implementasi cepat, dan jaminan layanan asftersales.

Software ERP Custom

Sesuai dengan namanya, software ERP ini memang dibuat berdasarkan kebutuhan spesifik suatu perusahaan atau dibuat benar-benar dari baru. Diawal vendor Software ERP hanya akan menbuat rancangan dan rencana pengembangan. Pada model ini waktu implementasi Software ERP bisa menjadi cukup Panjang, dan jika prosesnya tidak rapi maka akan menemui kendala sebagai berikut :

Tidak ada jaminan keberhasilan implementasi di suatu perusahaan meskipun ada juga perusahaan yang telah membuktikan keberhasilannya. Karena ia dibuat berdasarkan kebutuhan alur operasional perusahaan, proses pembuatannya tidak jarang memerlukan waktu yang panjang dan masih ada kemungkinan bug sistem yang muncul. Karena modelnya custom, tidak ada pelatihan yang standart. Proses transfer knowledge hanya akan berjalan dari “senior – junior”. Biaya layanan aftersales dan maintenance fee biasanya cukup besar. Tanpa pemahaman bisnis yang baik dan perencanaan yang tepat maka implementasi bisa gagal.

Setelah uraian diatas, Anda mulai bisa menetukan Software ERP model mana yang cocok untuk perusahaan Anda. Apakah Software ERP Jadi atau Software ERP Custom. Tentukan pilhan Anda sekarang.

turboly.com