Saatnya Anda Berlibur

image

Akhir tahun cukup identik dengan liburan. Tidak jarang banyak karyawan mengambil jatah cuti di akhir tahun karena ingin liburan, begitu pula dengan para pemilik bisnis yang juga sering memanfaatkan waktu di akhir tahun untuk berlibur dengan keluarga. Namun, sebagian pemiliki bisnis takut untuk mengambil waktu libur karena ada kekuatiran akan bisnisnya yang akan “mandek” jika dirinya tidak ada.

Berikut ada 4 tips bagi Anda para pemilik bisnis untuk menghilangkan kekuatiran saat meninggalkan bisnis untuk liburan :

1. Kepercayaan

Sistem ERP secanggih dan semahal apapun akan terasa tidak berguna jika tidak ada kepercayaan kepada karyawan. Maka dari itu mulailah memberi kepercayaan pada karyawan yang loyal dan memiliki kinerja baik. Hal ini diperlukan agar ada “backup on-duty” jika pemilik sedang tidak ada di tempat. Siapkan berbagai SOP yang harus dilakukan selama pemilik tidak ada.

2. Buat SOP dan Berbagai Macam Solusi

Siapkan (Standart Operation Procedure) SOP dari berbagai skenario kasus yang mungkin terjadi saat Anda tidak ditempat, agar karyawan Anda mengetahui apa yang harus dilakukan jika Anda tidak ditempat. Hal ini sangat penting supaya karyawan bisa segera mengambil keputusan tanpa harus selalu menghubungi Anda. Jangan malas untuk menyiapkan skenario dan SOP, dokumentasikan di kertas jika perlu. Semakin banyak scenario yang Anda persiapkan akan semakin baik.

3. Buat Komitmen Pribadi

Bagi para pemilik bisnis, sangat penting untuk membuat komitmen terutama saat sedang tidak ditempat. Komitmen antara lain membatasi penggunaan smart phone atau keinginan mengecek kondisi di perusahaan. Jangan sampai waktu liburan Anda tetap terpaku pada smart phone Anda untuk merespon semua email yang masuk, kecuali sifatnya cukup mendesak dan karyawan yang “on-duty” tidak dapat menyelesaikannya. Tentukan jadwal membuka email, informasikan jadwal Anda kepada karyawan sehingga mereka juga tidak akan mengharapkan tanggapan segera saat Anda sedang berlibur.

4. Manfaatkan Teknologi

Cobalah memanfaatkan teknologi terkini atau aplikasi canggih yang tersedia, seperti Google Hangout, Skype untuk tetap terhubung dengan karyawan Anda tapi harus tetap disiplin sesuai dengan komitmen yang Anda buat. Melalui aplikasi-aplikasi tersebut, Anda tetap dapat menyelesaikan masalah yang sifatnya mendesak tanpa terikat ‘harus berada di tempat kerja’. Mulailah membangun mindset bahwa bisnis tetap berjalan lancar walaupun Anda tidak ada di tempat.

Menjalankan bisnis saat berlibur hanyalah satu dari banyak tantangan yang harus dihadapi para pemilik bisnis. Tetap luangkan waktu untuk tetap online dan berkomunikasi dengan karyawan karena hal ini menunjukkan kepedulianmu sebagai ‘pemilik bisnis’ sekaligus memastikan produktivitas tidak turun selama Anda berlibur.

turboly.com