Alasan Pemilik Toko Enggan Menggunakan Sistem POS

Dalam dunia usaha, Sistem POS bukan hanya sebuah keinginan, tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Ya, manfaat Sistem POS cukup besar untuk mendukung perkembangan bisnis dan banyak yang sudah merasakan manfaatnya. Namun, di era modern dan teknologi canggih saat ini masih banyak pemilik toko atau business owner enggan menggunakan Sistem POS dengan berbagai macam alasan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa para business owner masih enggan untuk mengimplementasikan Sistem POS di toko mereka :

1. Tidak Ingin Repot

Repot. Itulah salah satu alasan yang sering disampaikan para business owner ketika ditanya mengapa mereka belum mengimplementasikan Sistem POS di toko mereka. Apakah mengimplementasikan Sistem POS itu repot? Bagi yang masih terbiasa manual, mungkin ketika migrasi ke sesuatu hal yang baru mungkin akan sedikit repot namun ketika sudah mulai dijalani semua akan terasa biasa saja. Seperti pepatah mengatakan “alah bisa karena terbiasa”. Sama seperti implementasi Sistem POS, apalagi saat ini banyak Sistem POS yang menawarkan banyak kemudahan, dan masa implementasi yang singkat.

2. Tidak “Melek” Teknologi

“Ah saya gaptek Mas”, belum perlu. Nah ini juga salah satu alasan yang sering ditemui ketika business owner belum mengimplementasikan Sistem POS di toko mereka. Iya, Gaptek atau “gagap teknologi”. Banyak yang merasa teknologi / software/ sistem merupakan sesuatu yang menakutkan, takut salah yang menyebabkan kerusakan. Padahal jika Sistem POS modern saat ini cukup user friendly bahkan untuk orang awam sekalipun.

3. Pengalaman Buruk Masa Lalu

Banyak para business owner yang memiliki pengalaman buruk akan kegagalan implementasi Sistem POS yang pernah mereka gunakan dulu. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini, bisa karena pemilihan vendor yang kurang tepat, atau bisa juga ketika itu dari usahanya sendiri belum siap. Intinya mereka Trauma dan akhirnya memilih untuk tidak menggunakan Sistem POS dan masih manual.

4. Usaha Masih Kecil

Implementasi Sistem POS memang disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak ada syarat spesifik seberapa skala minimal usaha untuk menggunakan Sistem POS. Namun jika dilihat dari manfaat Sistem POS, usaha skala kecil maupun besar akan sangat terbantu dengan adanya Sistem POS.

5. Biaya

Biaya merupakan alasan yang paling sering disampaikan ketika business owner belum mengimplementasikan Sistem POS di toko mereka. Hal ini biasanya terjadi karena business owner belum mengetahui secara detail kebutuhan mereka sendiri. Jadi, vendor Sistem POS yang mereka temui menyediakan kebutuhan yang lebih dibandingkan kebutuhan mereka, jadi otomatis harga yang ditawarkan dirasa tinggi dan imbasnya Sistem POS di cap mahal. Padahal saat ini di pasaran menawarkan banyak variasi harga, mulai dari yang investasi atau sewa bulanan, yang server local maupun cloud server. Dengan semakin banyaknya pilihan tersebut akan lebih mudah bagi business owner untuk menentukan Sistem POS mana yang bisa mereka gunakan. Jadi, biaya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Dari beberapa hal diatas, dapat kami simpulkan bahwa sebenarnya para business owner ingin menggunakan Sistem POS namun karena terkadang informasi yang mereka dapatkan kurang lengkap dan jelas sehingga menimbulkan ketakutan akan kegagalan dan kerugian jika implementasi yang dilakukan gagal.

www.turboly.com