Apakah Sistem ERP Bermanfaat?

Bayangkan bisnis Anda adalah sebuah mesin mobil dan Anda adalah pengemudinya. Ya, sebagai pengemudi pasti Anda wajib memiliki kemampuan untuk melihat / merasakan ketidakberesan yang mungkin terjadi pada mesin mobil Anda. Jika terjadi masalah pada mesin, Anda memiliki opsi untuk menepi, terus berjalan dengan lambat atau singgah ke bengkel untuk diperbaiki oleh ahlinya.

Begitu pula dalam bisnis, ketika Anda perlu kemampuan untuk merasakan/ membaca jika ada ketidakberesan maka Anda punya banyak opsi untuk mengatasinya. Apa hubungannya dengan Sistem ERP? Ya, Sistem ERP memiliki kemampuan untuk membaca kondisi bisnis Anda. Sistem ERP dirancang untuk memberikan informasi mengenai kondisi bisnis yang berjalan. Sistem ERP mampu memberikan data dan informasi secara realtime dari setiap bagian dan membantu memberikan Analisa mendalam sehingga indikator kinerja selusuh bagian dapat dimonitor dengan baik. Selain itu, fungsi Sistem ERP juga mampu membuat pekerjaan di lapangan menjadi lebih efektif & efisien, dengan cara :

  • Mengotomatiskan fungsi pekerjaan di setiap bagian
  • Sentralisasi data
  • Menghasilkan data laporan yang akurat
  • Melacak persediaan & penjualan dengan mudah
  • Mempercepat integrase antar departemen

Manfaat Sistem ERP dalam suatu perusahaan pada dasarnya dibagi menjadi 3 tingkatan :

  • Sistem ERP sebagai sistem tunggal untuk seluruh operasional perusahaan atau sebagai sistem utama.
  • Sistem ERP sebagai “suplemen” yang dapat diintegrasikan dengan sistem/ software lain.
  • Sistem ERP sebagai modul, atau Sistem ERP digunakan untuk modul / bagian tertentu saja, misalnya Modul Accounting atau Inventory saja.

Selain informasi dan data kondisi perusahaan yang dapat diberikan oleh Sistem ERP yang juga dapat mengatasi beberapa masalah yang dihadapi dalam operasional. Sistem ERP dapat memberikan snapshot real time mengenai permintaan barang, pembelian, piutang, dll. Hal ini membantu Anda membuat keputusan yang lebih cepat, lebih cerdas, dan berdasarkan data.

Akhir kata, apakah Sistem ERP akan membantu dan bermanfaat dalam bisnis? Jawabanya adalah iya.