Manfaat Software ERP Untuk Mengelola Aktiva Tetap

Asset atau aktiva tetap merupakan kekayaan sumber daya yang memiliki nilai terukur dalam suatu perusahaan. Dalam perusahaan aktiva tetap juga merupakan harta kekayaan dapat digunakan sebagai sumber dana operasional perusahaan. Aktiva tetap dapat dimanfaatkan secara produktif baik langsung ataupun tidak langsung untuk dapat menghasilkan pendapatan atau keuntungan. Dalam prakteknya, perolehan aktiva tetap di perusahaan ada beberapa cara ada yang memang dibeli secara khusus, dibuat sendiri atau hibah dari pihak ketiga.

Mengapa pengelolaan Aktiva Tetap cukup penting bagi perusahaan? Berikut alasannya :

1. Meningkatkan Keamanan

Aktiva Tetap memiliki nilai yang tinggi, maka jika dilakukan pengeloaan secara baik maka akan meminimalisir resiko kerugian akibat kehilangan atau kerusakan, yang bisa membebani perusahaan.

2. Memudahkan Penyusunan Anggaran

Anggaran pembelian barang, pemeliharaan hingga penggantian untuk memperpanjang usia dan atau menghapus aktiva tetap perusahaan akan lebih mudah disusun jika ketika sudah melakukan pengelolaan aktiva tetap dengan baik.

3. Menghindari Pembelian Berlebih

Dengan pengelolaan aktiva tetap yang baik, maka anggaran aktiva tetap dapat dibuat dan dapat lebih mudah mengontrol pembelian aktiva tetap dengan baik sehingga tidak terjadi pembelian berlebih.

4. Alokasi Penyusutan Asset

Penyusutan Aktiva tetap merupakan salah satu hal yang pasti terjadi baik itu dari sisi nilai ataupun fungsinya. Dengan adanya pengelolaan aktiva tetap yang baik, perusahaan akan mudah melakukan pengontrolan terhadap penyusutan yang terjadi. Laporan aktiva tetap ini juga masuk kedalam laporan keuangan perusahaan karena berkaitan nilai uang yang dimiliki perusahaan.

5. Menjaga Nilai Asset

Perusahaan dapat menjaga nilai aktiva tetap yang dimiliki. Kerusakan, kehilangan dan semua risiko yang berkaitan dengan aktiva tetap dapat di minimalisir untuk menjaga usia aktiva tetap lebih panjang.

Untuk mempermudah pengelolaan aktiva tetap di perusahaan Anda. Pilihlah solusi Software ERP yang memiliki modul manajemen aktiva tetap agar pengelolaan lebih mudah dan akurat. Dengan memanfaatkan Software ERP segala aktivitas di perusahaan akan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan termasuk dalam pengelolaan aktiva tetap.

www.turboly.com