Mengelola Persediaan Dengan Sistem Point of Sale

Penjualan retail pasti berhubungan dengan persediaan, itulah sebabnya sebagian besar Sistem POS modern (POS Cloud) menawarkan fitur manajemen persediaan. Fitur yang disediakan antara Sistem POS satu dengan yang lain mungkin bervariasi dan berbeda, tetapi fitur minimal yang disediakan selain modul penjualan adalah manajemen produk dan manajemen persediaan

Pada tahap awal, Anda perlu mendaftarkan detail produk kedalam produk master, rata-rata Sistem POS sudah menyediakan fitur import sehingga untuk prosesnya tidak perlu manual lagi.

Selain itu Sistem POS lainnya menyediakan fitur yang lebih canggih seperti:

  • Multi Lokasi Toko/ Gudang – Fitur Ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang menjalankan lebih dari toko/ Gudang baik retail maupun wholesale. Dengan Sistem Manajemen Persediaan multi lokasi maka Sistem POS akan memiliki kemampuan kontrol stok persediaan secara terpusat sehingga Anda dapat mengelola produk dari beberapa toko dari satu platform. Hal ini juga memberikan solusi kemudahan ketika melakukan transfer antar toko atau stock transfer dari satu toko ke toko lainnya. Ini merupakan solusi bagi Anda yang selama ini kesulitan dalam mengelola beberapa toko di lokasi berbeda dengan sistem yang berbeda, selain itu juga bagi Anda yang memiliki bisnis ritel multi-outlet atau yang berencana untuk menambah outlet.

  • Manajemen Persediaan – Multi Channel - Trend yang berkembang saat ini bagi retailer dalam menjual secara offline di toko dan online. Dengan Sistem POS maka penjualan dan pergerakan stok Anda harus disinkronkan di semua channel penjualan baik itu offline ataupun online (website, marketplace, dsb). Manfaatnya adalah memiliki data yang akurat mengenai jumlah persediaan dan mengetahui di channel/ saluran mana yang dirasa kurang stok atau berlebih. Jadi, tidak ada resiko salah strategi penempatan barang, karena Sistem POS sudah menyediakan data secara terpusat meskipun channel yang digunakan berbeda-beda.

  • Inventory Control – Multi Channel - Dengan Sistem POS Cloud maka strategi penjualan akan lebih fleksibel, karena control inventory dapat dilakukan secara terpusat dan realtime. Contohnya jika ingin menerapkan layanan pickup oline sales, dimana penjualan dilakukan secara online namun customer akan mengambil barang di toko. Dengan cara ini stok barang dapat ditempatkan di 1 tempat (terpusat) baru ketika ada penjualan barang dikirimkan ke toko tempat customer akan mengambil, selain itu juga akan meningkatkan upselling kepada customer.

  • Stock Opname - Melakukan penghitungan stok fisik secara rutin sangat penting untuk tetap menjaga ketersediaanya, sehingga merupakan bonus yang bagus untuk memiliki sistem yang memiliki fitur pengambilan stok bawaan.

  • Re-Order Point - Beberapa Sistem POS memungkinkan Anda mengatur level "safety stock", di mana Sistem akan memberikan informasi bahwa produk sudah harus dipesan dari supplier jika sudah mencapai batas tidak aman.

www.turboly.com