Buat Toko Anda Terkenal Dengan Sistem POS

Coba ingat-ingat lagi bagaimana Anda atau teman Anda menentukan tempat untuk membeli barang kebutuhan. Misalnya, proses terakhir apa yang Anda lakukan ketika membeli sepatu, baju atau bahkan mobil? Ingat juga beberapa kali terakhir Anda pergi gunting rambut atas rekomendasi teman dan keluarga. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam banyak hal keputusan kita memilih selalu bergantung pada pendapat orang lain. Sepenting itulah rekomendasi dari sebuah bisnis mampu meningkatkan angka penjualan terutama bagi usaha retail.

Lantas dari segi business owner, bagaimana caranya membuat konsumen melakukan ini untuk Anda? Berikut tips yang bisa Anda terapkan!

  • Kirimkan email ke semua pelanggan Anda, minta feedback dari mereka sekaligus tapi juga minta mereka merekomendasikan produk Anda ke teman. Jangan lupa sertakan berikan reward misalnya kupon diskon, bisa berupa kode referral seperti yang banyak digunakan oleh beberapa marketplace populer di Indonesia. Ingat, Anda memilki data pelanggan di Sistem POS, jadi manfaatkanlah itu.
  • Manfaatkan Social Media. Buat promo menarik bagi pelanggan Anda yang membagikan pengalaman berbelanja di tempat Anda di social media mereka. Social media merupakan sarana iklan yang paling efektif saat ini. Jangan lupa berika reward atau giveaway menarik buat mereka. Jika Anda fokus di penjualan online, coba mulai memikirkan integrasi online shop anda dengan Sistem POS, maka secara otomatis profile pelanggan Anda akan tersimpan tanpa perlu takut terlewat.
  • Jangan pelit dan rajin-rajinlah memberikan promo. Jika ada promo menarik seperti buy 1 get 1, pelanggan tentu tanpa Anda minta sekalipun akan mengajak rekan-rekannya yang lain untuk datang. Cara ini merupakan cara lama yang hingga saat ini masih tetap efektif apalagi dengan dukungan Sistem POS yang dengan mudah dapat membuat berbagai promo dan diskon bagi pelanggan setia Anda.
  • Berilah apresiasi pada pelanggan Anda, tidak hanya dengan mengucapkan terima kasih. Anda bisa menggunakan sistem tertentu untuk memberi hadiah pada para pelanggan Anda. MIsalnya beri perhatian saat mereka ulang tahun, dengan Sistem POS akan dengan mudah mendapatkan infomasi siapa pelanggan Anda yang berulang tahun di bulan ini. Berikan ucapan selamat ulang tahun via email atau social media. Dengan perhatian kecil semacam itu, maka kesan konsumen akan lebih mendalam dan tanpa diminta pun mereka akan membagikan pengalaman mereka kepada teman atau keluarga mereka untuk datang ke toko Anda.

Bagaimana, siap menerapkan tips-tips ini demi mendapatkan lebih banyak customer?

www.turboly.com