Tahap Evaluasi Sebelum Menentukan Target Bisnis di Tahun Baru

Kita sudah masuk ke tahun baru 2019. Bagaimana dengan resolusi Anda awal tahun lalu? Apakah sudah tercapai semuanya? Jika ada yang belum tercapai, mungkin bukan kesalahan atau kurangnya usaha Anda. Bisa juga hal tersebut karena target yang Anda canangkan terlalu tidak masuk akal.

Sekarang, saya akan berbagi pengalaman tentang hal-hal apa sajakah yang perlu Anda evaluasi sebelum memasang target bisnis di tahun baru.

1. Evaluasi Manajemen Keuangan

Hal pertama yang perlu kita evaluasi terletak pada masalah keuangan. Jika usaha tidak juga berkembang di tahun sebelumnya, evaluasi kembali manajemen keuangan Anda untuk tahun kedepan. Hitung kembali jumlah pemasukan dan pengeluaran Anda. Bila dirasa ada yang tidak wajar, mulailah membuat perencanaan baru. Buatlah rincian anggaran untuk pengeluaran bisnis Anda selama 1 tahun mendatang. Siapkan pula dana bulanan untuk hal-hal yang tidak terduga. Manfaatkan Sistem ERP untuk membantu untuk membantu Anda mengelola keuangan perusahaan. Mulai dari POS, Inventory hingga pencatatan keuangan yang termasuk perhitungan laba dan rugi secara otomatis.

2. Evaluasi Kualitas Produk

Selanjutnya, lakukan evaluasi terhadap kualitas dan kuantitas produk/ jasa yang Anda jual. Evaluasi faktor apa saja yang menghambat penjualan produk Anda selama ini. Apakah produk perusahaan Anda kalah bersaing dengan produk sejenis lainnya di pasaran.

3. Evaluasi Strategi Penjualan

Poin evaluasi yang ketiga ini masih berhubungan dengan poin No. 2. Kali ini, Anda hanya perlu fokus pada masalah penjualan. Bagaimana strategi pemasaran yang selama ini Anda lakukan? Apakah berdampak besar pada hasil penjualan? Temukan kendala dialami tim marketing Anda dalam menjual produk-produk Anda?

4. Evaluasi Karyawan

Salah satu faktor maju tidaknya perusahaan Anda bergantung pada kualitas SDM alias Sumber Daya Manusia dalam perusahaan. Lakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan pada segala jenis tingkatan secara reguler. Lakukan analisis tentang apa saja kendala yang mereka alami selama bekerja, serta diskusikan resolusi bisnis yang mereka pikirkan tentang kesuksesan perusahaan Anda. Perlu diingat, jangan pernah meremehkan ide dari karyawan. karenamereka adalah orang-orang yang paling tahu kondisi di lapangan.

5. Evaluasi Kepuasan Pelanggan

Salah satu yang terpenting adalah kepuasan pelanggan. Analisis bagaimana tingkat kepuasan pelanggan Anda selama ini. Cari tau apa harapan mereka dimasa depan atas produk Anda, saran dari konsumen juga penting untuk menentukan keberhasilan Anda dimasa depan.

Akhir kata, setiap bisnis memiliki karakter berbeda-beda. Yang penting, kuncinya satu: buatlah target sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bisnis Anda.

www.turboly.com